Lapas Senilai Rp10,5 Miliar Rusak Meski Belum Difungsikan

Budi Warsito    •    Rabu, 10 May 2017 14:49 WIB
rutan
Lapas Senilai Rp10,5 Miliar Rusak Meski Belum Difungsikan
Kondisi Lapas Telukdalam di Nias Selatan, Sumatera Utara -- MTVN/Budi Warsito

Metrotvnews.com, Nias Selatan: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Telukdalam di Nias Selatan, Sumatera Utara, baru selesai dibangun pada 2016 dengan anggaran Rp10,5 miliar. Namun, kondisinya sekarang sudah rusak meskipun belum difungsikan.

Bangunan yang berdiri di lahan seluas 5 hektare itu kondisinya sangat memprihatinkan. Dindingnya retak, atap bocor, lantai dipenuhi lumpur, dan tanaman liar tumbuh subur di halaman gedung.

Lembaga swadaya masyarakat  (LSM) Fortaran Nias Selatan meragukan kualitas bangunan Lapas Telukdalam. Diduga, lapas dibangun secara asal-asalan demi meraup untung.

"Bila ke depan lapas ini digunakan, kemudian ada tahanan kabur, kami sudah tidak heran," kata Ketua LSM Fortaran Nias Selatan Tutur Haris Lase, Rabu 10 Mei 2017.


Kondisi salah satu sel di Lapas Telukdalam di Nias Selatan, Sumatera Utara -- MTVN/Budi Warsito

Kalapas Teluk Dalam Depari mengatakan, gedung tersebut telah diresmikan Kemenkumham dan telah dikeluarkan surat untuk izin operasional. Namun, pihaknya mengalami kendala terkait mebel.

"Belum dapat digunakan karena belum dilengkapi dengan mebel, seperti meja, kursi, dan lainnya. Selain itu, pegawai yang ada hanya tiga orang," jelasnya.

Depari berjanji segera mengoperasikan Lapas Telukdalam dalam waktu dekat.


(NIN)