Bentrok Antarmahasiswa USU, 10 Mahasiswa Terluka

Budi Warsito    •    Jumat, 23 Sep 2016 22:21 WIB
bentrokan
Bentrok Antarmahasiswa USU, 10 Mahasiswa Terluka
Suasana usai bentrok antarmahasiswa di Universitas Sumatera Utara (Foto: MTVN/Budi Warsito)

Metrotvnees.com, Medan: Sedikitnya 10 mahasiswa terluka dalam bentrokan antara mahasiswa Teknik Mesin dan Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Jumat 23 September. 

‎"Ada 10 orang yang terluka dalam peristiwa ini. Lima dari Teknik Mesin dan 5 dari Teknik Sipil. Mereka sempat dibawa ke rumah sakit," kata Kepala Satuan Sabhara Polresta Medan Komisaris Polisi Siswandi di kampus USU, Jalan Almamater, Medan, Sumatera Utara, Jumat (23/8/2016).

Informasi yang dihimpun Metrotvnews.com, bentrok antarmahasiswa yang terjadi di pintu masuk 3 kampus USU itu dipicu saling ejek. Sejumlah mahasiswa baru Fakultas Teknik Mesin yang bekepala plontos diejek saat melintas di depan mahasiswa Teknik Sipil. Mahasiswa baru itu pun mengadu ke senior. 

Perwakilan masing-masing jurusan pun sempat adu mulut lalu ditengahi ikatan mahasiswa kedua jurusan. "Saat mediasi berlangsung, bentrok pecah di luar. Ratusan mahasiswa bakupukul dan saling lempar batu," kata Siswandi.

Baca: Bentrok Antarmahasiswa Pecah di Kampus USU

Bentrokan tak berlangsung lama. Puluhan personel Shabara Polresta Medan mengendarai trail tiba di lokasi. Petugas menembakkan gas air mata untuk membubarkan bentrok. 

Pihak kampus yang terdiri dari wakil rektor USU, dekan Fakultas Teknik, ketua jurusan, dan perwakilan mahasiswa pun mengadakan pertemuan guna mengantisipasi bentrok susulan. Sementara sejumlah polisi diminta tetap berada di area kampus.

"Dari pertemuan itu disepakati jika terjadi bentrokan susulan, mahasiswa yang terlibat akan dipecat," kata dia.


(TTD)