Elektabilitas Mustafa Merangkak Naik

Anggri Sastriadi    •    Jumat, 19 May 2017 11:06 WIB
pilkada 2018
Elektabilitas Mustafa Merangkak Naik
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) dan Ketua DPW Nasdem Lampung, Mustafa (kiri) saat deklarasi pencalonan Mustafa sebagai Cagub Lampung 2018 di Sukadana, Lampung Timur, Minggu 30 April 2017

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: Elektabilitas bakal calon gubernur Lampung, Mustafa merangkak naik. Saat ini tingkat keterpilihan Ketua DPW Partai Nasdem itu mencapai 15 persen. Mustafa unggul dibandingkan bakal cagub lainnya seperti Herman HN dengan 14,10 persen, dan petahana Ridho Ficardo dengan 13,90 persen.

Lembaga survei Rakata Institut yang menyurvei tingkat elektabilitas bakal cagub itu menyebut, Mustafa yang kini menjabat Bupati Lampung Tengah itu akan menjadi kuda hitam dalam pertarungan menuju kursi nomor satu di Lampung itu. Hal itu terbukti elektabilitas Mustafa di atas dua calon kuat lainnya.

"Mustafa akan menjadi kuda hitam," kata Manager Riset Rakata Institute Yuli Harmoko Jumat, 19 Mei 2017.

Hasil survei juga menyebut, 62 persen masyarakat Lampung menginginkan pergantian gubernur. Tingginya masyarakat yang menginginkan gubernur baru itu berbanding lurus dengan tingkat ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja gubernur yang lama.

Meski begitu Yuli menyebut, tiga tokoh, Bupati Lampung Tengah Mustafa, Wali Kota Bandar Lampung Herman Hasanusi, dan petahana Gubernur Lampung Ridho Ficardo diprediksi berpeluang menjadi calon gubernur Lampung mendatang.

"Nama-nama lainnya berpeluang akan hanya mengisi slot sebagai wakil saja." ujarnya.

Survei dilakukan dilakukan selama 4 hari, Rabu 14 Mei-Minggu 14 Mei. Survei menggunakan metode stratified random sampling dengan jumlah 1.000 responden. Adapun tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan memiliki tingkat toleransi kesalahan sebesar 3 persen.



(ALB)