Seorang Jemaah Haji asal Jambi Wafat di Mina

Antara    •    Jumat, 01 Sep 2017 20:26 WIB
haji 2017
Seorang Jemaah Haji asal Jambi Wafat di Mina
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Mina: Jemaah haji atas nama Nurmani Ali Pirak, 68, asal Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, wafat di Mina, Arab Saudi. Nurmani tutup usia karena menderita hematemesis.

"Ia wafat karena menderita hematemesis, dan saat ini jenazahnya sedang diurus dan dilaporkan ke ketua sektor," kata Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, M Thoif, di Jambi, Jumat 1 September 2017.

Nurmani Ali Pirak yang merupakan jemaah haji warga Mampun Rt 07/03, Kecamatan Mampun Tabir, Kabupaten Merangin, Jambi, tersebut tergabung dalam kelompok terbang 25 BTH dengan Paspor B5399737.

Sebelum meninggal, Nurmani sedang beristirahat dan mempersiapkan diri untuk melontar jumrah. "Beliau masuk dalam kategori jemaah berisiko tinggi, dan sempat memperoleh pertolongan infus sebelum pada akhirnya wafat," katanya menjelaskan.

Penyakit hematemesis dapat disebabkan oleh adanya luka atau pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas.

Jemaah haji yang meninggal dunia tersebut berangkat ke Tanah Suci bersama dengan 450 jemaah haji lainnya yang tergabung pada kelompok terbang 25 melalui Embarkasi Haji Antara (EHA) Jambi.

Sementara itu, sepekan sebelumnya atau pada Sabtu 27 Agustus 2017 juga dilaporkan dua jemaah haji meninggal dunia di Tanah Suci. Yakni Syahma Fahamin Said, 79, asal Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Syahma wafat di Mekah, Arab Saudi, setelah sempat dirawat beberapa hari karena sakit.

Kemudian atas nama Ahmat Puad, warga Kabupaten Bungo, yang tergabung dalam kelompok terbang 22. Ahmat meninggal dunia akibat gagal pernapasan.


(Des)