Kebakaran Lahan Aceh Barat Meluas

Nurul Fajri    •    Selasa, 25 Jul 2017 15:49 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Kebakaran Lahan Aceh Barat Meluas
Kabut asap tampak di wilayah Aceh Barat, Aceh, Selasa (25/7/2017). (Metrotvnews.com/Nurul Fajri)

Metrotvnews.com, Meulaboh: Kebakaran hutan dan lahan gambut di wilayah Aceh Barat meluas jadi 69 hektare dari semula 60 hektare. Sejumlah kecamatan diliputi kabut asap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem, mengatakan, hingga pukul 10.00 WIB, Selasa, 25 Juli 2017, kabut asap terlihat. Jarak pandang pengguna kendaraan di seputar kota Meulaboh terganggu.

Hal yang sama juga terjadi di jalan lintas nasional Banda Aceh-Meulaboh, yaitu di Samatiga dan Suak Raya. "Mobil yang melintas harus menghidupkan lampu kendaraan. Namun aktivitas masyarakat masih berlangsung seperti biasa," ungkap Syahluna pada Metrotvnews.com.

BPBD Aceh Barat mencatat kebakaran hutan dan lahan gambut meluas di enam kecamatan. Yakni, kecamatan Jogan Pahlawan, Woyla, Meureubo, Samatiga, Arogan Lambalek, dan Kaway XVI. BPBD menetapkan status siaga dan masih berusaha memadamkan sejumlah titik api.

"Karena faktor angin, api merambat dengan cepat dan meluas hingga kebun sawit dan sejumlah rumah warga. Namun sudah berhasil kita padamkan," ungkapnya.

Sari Afriza, warga Seunebok, menuturkan, kabut asap yang terjadi hampir sepekan ini membuatnya sesak nafas. Akibatnya, dia harus memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Sangat mengganggu kesehatan, ini keluarga sudah ada yang batuk-batuk, apalagi anak-anak," ungkapnya.


(SAN)