Kemenhub Berencana Datangkan Tenaga Kerja Asing Kebut Pembangunan LRT

Alwi Alim    •    Rabu, 16 Aug 2017 02:33 WIB
pembangunan
Kemenhub Berencana Datangkan Tenaga Kerja Asing Kebut Pembangunan LRT
Pembangunan LRT Palembang, MTVN - Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Pembukaan Asian Games 2018 semakin dekat. Pembangunan Light Rail Transit (LRT) pun dipercepat.

Dalam percepatan pembangunan ini tentunya kebutuhan tenaga profesional atau ahli di bidang teknologi dan konstrusksi LRT pun  meningkat. Karena itu, pihak Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bakal mendatangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) sebagai tenaga ahli pembangunan LRT.

Humas Pembangunan LRT Sumsel, Muhammad Marzuki mengatakan sejauh ini di Indonesia belum banyak memiliki tenaga lokal yang berpengalaman di bidang LRT. Sehingga kontraktor harus menggunakan tenaga kerja asing yang berpengalaman di bidang konstruksi kereta api ringan.

"Tenaga ahli yang dibutuhkan ini banyak agar pembangunan dapat dipercepat," katanya saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa, 15 Agustus 2017.

Meskipun memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) tentunya harus sesuai dan wajib memiliki izin kerja yang sah sesuai peraturan dalam pelaksaan pekerjaan. TKA juga harus memiliki sertifikasi kelayakan dan sertifikasi dibidang teknologi LRT khususnya dalam pengerjaan Slab Track.

"Jika TKA belum memiliki izin maka harus mengurus izin satu pintu dahulu sesuai peraturan yang berlaku," ujarnya.

Untuk diketahui, pada bulan Juli 2017, sebanyak 24 TKA ditangkap Polda Sumsel, lantaran belum memiliki izin yang lengkap. Ke 24 TKA tersebut merupakan tenaga ahli yang dipekerjakan untuk pembangunan LRT. 


(RRN)