Ribuan Pemudik Mulai Memadati Hang Nadim Batam

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 07 Jun 2018 17:14 WIB
Mudik Lebaran 2018
Ribuan Pemudik Mulai Memadati Hang Nadim Batam
Suasana di Bandara Hang Nadim Batam

Batam: Suasana arus mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim Batam mulai terasa, Rabu, 6 Juni 2018. Ribuan penumpang memadati terminal keberangkatan ke berbagai daerah tujuan di Indonesia.

Direktur Bandara Udara Badan Usaha (BUBU) Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, arus mudik Lebaran sudah terasa sejak sepekan terakhir.

Rata-rata per hari jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 7.000 hingga 8.000 penumpang. "Pada hari Minggu, 3 Juni 2018 kemarin, jumlah penumpang mencapai 8.400 orang. Hari biasa hanya berkisar 6.700 - 6.800 penumpang," ungkap Suwarso.

Dia memprediksi, jumlah penumpang yang akan berangkat dari Bandara Hang Nadim menjelang libur bersama dan Idul Fitri 1439H akan bertambah.

Adapun puncak arus mudik Lebaran tahun ini, sambung Suwarso, diprediksi mulai berlangsung H - 7 dan H - 5 Lebaran. "Kami memperkirakan akan ada sekitar 10.000 calon penumpang yang memadati bandara setiap harinya hingga H - 5 nanti," ujarnya.



Otoritas Bandara Hang Nadim juga terus mempersiapkan dalam menyambut arus mudik Lebaran tahun ini. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, maskapai penerbangan juga telah menyiapkan ekstra penerbangan.

Suwarso menambahkan, saat ini baru maskapai Lion Air dan Sriwijaya Air yang menambah penerbangan. Tambahan penerbangan itu untuk tiga rute, yakni Batam-Jakarta (Sriwijaya Air), Batam-Pekanbaru (Lion Air), dan Batam-Jambi (Sriwijaya Air).

"Saat ini baru Lion Air dan Sriwijaya Air yang mengadakan ekstra flight dan mendapat persetujuan dari Kemenhub. Maskapai lain belum ada," ujarnya. 
Saat ini, jumlah armada yang melayani penerbangan Batam ke berbagai tujuan di Tanah Air mencapai 65 hingga 67 penerbangan setiap harinya.

Saat ini penerbangan dari Batam masih didominasi oleh Garuda Indonesia. Adapun rute terbanyak adalah Batam-Jakarta. "Dalam sehari, Garuda Indonesia melayani 5 kali penerbangan ke Jakarta," ujarnya.

Suwarso menambahkan, jumlah penumpang arus mudik tahun ini diprediksi meningkat 4 persen dibandingkan tahun 2017. Tahun lalu, jumlah seluruh penumpang arus mudik lebaran mencapai 19 ribu lebih. "Tahun ini kami prediksi meningkat hingga 20 ribu penumpang," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi secara khusus memantau kesiapan personel dan juga posko pelayanan dan posko pengamanan menjelang Idulfitri 1439H.

Kapolda bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga memantau suasana arus mudik di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Bandara Hang Nadim Batam.

"Kami ingin melihat langsung kesiapan personel di lapangan dalam melakukan pengamanan selama Ramadan dan Idul Fitri 1439H. Ada beberapa posko yang kami kunjungi di antaranya Pelabuhan Sekupang dan Bandara Hang Nadim," ujarnya.



(ALB)