14 Kapal Vietnam Ditangkap di Perairan Natuna

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 29 May 2018 21:22 WIB
kemaritiman
14 Kapal Vietnam Ditangkap di Perairan Natuna
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Batam: Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama tim gabungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap 14 kapal ikan asing asal Vietnam di perairan Natuna, Kepulauan Riau. Belasan kapal asing itu ditangkap karena menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo mengatakan, ke-14 kapal asal Vietnam tersebut saat ini masih dalam pengawalan menuju Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dan Batam.

"Saat ini masih dalam pengawalan menuju Pontianak dan Batam. Belasan kapal asing tersebut ditangkap dalam Operasi Nusantara Bakamla, Minggu, 27 Mei 2018 di perairan Natuna," ujar Rahmat kepada Medcom.id, Selasa, 29 Mei 2018.

Dalam operasi, tim  menemukan belasan kapal ikan asing masuk di perairan Natuna. Beberapa kapal sedang beroperasi menangkap ikan.

Kapal-kapal tersebut tidak memiliki dokumen atau izin melakukan kegiatan di perairan Indonesia. "Kapal beserta ABK diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata dia.

Data jumlah ABK dan barang bukti ikan hasil tangkapan yang ada di atas kapal masih diproses. Barang bukti yang disita berupa ikan tangkapan dan kapal penangkap.

Sepuluh dari 14 kapal yang ditangkap dibawa ke pangkalan di Pontianak (Kalbar). Empat kapal lainnya dibawa ke Pangkalan Zona Maritim Barat di Barelang, Kota Batam.

"Setibanya di pangkalan, tim akan melakukan pemeriksaan terhadap nahkoda dan ABK kapal," kata dia.


(SUR)