Kemenhub Akan Modernisasi Dermaga Jembatan Ampera

Antara    •    Senin, 21 Jan 2019 12:49 WIB
infrastruktur
Kemenhub Akan Modernisasi Dermaga Jembatan Ampera
Sejumlah kendaraan melintas di atas jembatan ampera yang diselimuti kabut asap di Palembang, Sumatra Selatan, Minggu (16/9). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi.

Palembang: Kementerian Perhubungan bakal memodernisasi dermaga di kawasan Jembatan Ampera dengan menjalankan program Quick Wins. Nantinya angkutan sungai di Palembang menjadi proyek percontohan di Indonesia.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Mangasi Sinaga mengatakan, penataan kawasan 16 Ilir dan 7 Ulu ini nantinya akan menghubungkan seluruh moda transportasi dan sekaligus menjadikannya lebih nyaman dan aman.

"Penataan ini akan mengedepankan sarana, prasarana, dan pembenahan sumber daya manusia," kata Mangasi di Palembang, Sumatera Selatan, Senin, 21 Januari 2019.

Mangasi menjelaskan, saat ini Kota Palembang sudah memiliki Light Rail Transit dan Bus Rapid Transit Trans Musi. Penataan ini bukan hanya aspek fisik semata, namun juga dilihat dari aspek wisata dan bisnis agar benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Oleh karena itu, Mangasi meyakinkan pelayanan yang diberikan juga harus mengutamakan keselamatan sehingga angkutan sungai akan wajib menggunakan tiket, asuransi, peralatan keselamatan, dan jadwal.

Sementara itu Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, adanya modernisasi dermaga ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Jembatan Ampera sebagai objek wisata. Saat ini Palembang fokus meningkatkan sektor pariwisata karena sebelumnya sudah menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

"Kota Palembang ini sudah bisa dikatakan sudah cukup dikenal, tinggal lagi bagaimana menarik wisatawan untuk mau datang ke sini," ungkap Harnojoyo.


(DEN)