Pelindo II Siapkan 7 Kapal Roro untuk Natal dan Tahun Baru

Rendy Ferdiansyah    •    Rabu, 06 Dec 2017 12:52 WIB
natal dan tahun baru
Pelindo II Siapkan 7 Kapal Roro untuk Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi kapal roro -- ANT/Asep Fathulrahman

Pangkalpinang: PT Pelindo II cabang Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung menyiapkan tujuh kapal roll on-roll off (roro) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan barang jelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kita belum bisa memastikan apakah armada kapal roro bertambah atau tidak. Tapi, saat ini sudah ada tujuh kapal yang disiapkan untuk antisipasi lonjakan penumpang dan barang," kata General Manager Pelindo II Pangkalbalam Hambar Wiyadi di Pangkalpinang, Rabu, 6 Desember 2017.

Menurut Hambar, tujuh kapal roro yang disiapkan, yaitu KM Savia, KM Srikandi, KM Star Belitung, KM Alshadai, KM Sentosa, KM Sahabat, dan KM Sawitan. "Ketujuh kapal itu tujuan Pangkalbalam-Tanjung Priok, Jakarta dan sebaliknya. Setiap kapal mampu memuat 40 truk," ujarnya.

Sedangkan, kapal roro tujuan Belitung hanya dilayani satu kapal cepat Ekpress Bahari. "Kapal ini berangkat seminggu tiga kali," lanjut Hambar.

Hambar mengakui dalam beberapa tahun ini jumlah penumpang di Pelabuhan Pangkabalam terus mengalami penurunan. Penurunan penumpang kemungkinan disebabkan karena banyak yang lebih memilih trasportasi udara.


(NIN)