Pecat Pengurus Partai Gerindra, Puluhan Kader Gelar Demo

Farida Noris    •    Kamis, 02 Nov 2017 16:36 WIB
partai gerindra
Pecat Pengurus Partai Gerindra, Puluhan Kader Gelar Demo
Kader Partai Gerindra berunjuk rasa soal pemecatan Ketua DPC Partai Gerindra di Sumut

Metrotvnews.com, Medan: Pemecatan Ketua DPC Partai Gerindra di beberapa kabupaten kota di Sumatera Utara berbuntut panjang. Puluhan kader Partai Gerindra menilai pemecatan tidak sesuai mekanisme AD/ART partai bentukan Prabowo Subianto tersebut.

Kekecewaan disampaikan puluhan kader Partai Gerindra saat menggelar aksi di depan Tugu Sisingamangaraja Medan, Rabu 2 Desember 2017. Massa datang dengan membawa spanduk berisi tuntutan.

"Tanpa sebab yang tidak kami ketahui, Gus Irawan selaku Ketua DPD Partai Gerindra Sumut memberhentikan kami," kata Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Karo, Dr. Purn. Abet Nego Sembiring di sela-sela aksi.

Dia menyebutkan Gus Irawan memberhentikan ketua dari 17 DPC di antaranya Karo, Madina, Dairi, Tobasa, Taput, Padang Sidempuan, Paluta, Labusel, TebingTinggi, Langkat, Binjai, Samosir, Siantar, Simalungun, Deli Serdang, Labuhan Batu, dan Sibolga.

"Ketika diberhentikan, kita tidak pernah dipanggil dan tidak pernah dikasih tahu apa dan kenapa bisa diberhentikan. Melihat ini sudah jelas mekanisme AD/ART tidak dijalankan oleh Gus Irawan," ucapnya. 

Abet juga menjelaskan bahwa selama menjadi Ketua Gerindra, Gus Irwan tidak pernah memberikan pembinaan dan pengarahan kepada para pengurus DPC. Dia menduga, pergantian Ketua DPC ini lantaran tidak sejalan dengan Ketua DPD Gerindra Gus Irawan.

"Para Ketua DPC yang diberhentikan ini adalah orang-orang yang ingin membesarkan partai Gerindra dan memperjuangkan Prabowo untuk menjadi Presiden. Ketika kami diberhentikan tiba-tiba sudah ada aja SK-nya kepada pengganti kami. Itu kan aneh," ungkapnya. 

Abet juga menuturkan bahwa seandainya Ketua DPC bersalah seharusnya ada surat peringatan atau surat yang menyatakan kalau bersalah. 

"Tapi kenyataannya itu tidak ada. Kami kecewa dengan tindakan Gus Irawan Pasaribu. Yang pasti tujuan kita agar semua yang menjadi duri di Gerindra bisa kita buang," pungkas Abet.


(ALB)