Pembangunan Jalur Kereta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung Hampir Selesai

Antara    •    Minggu, 30 Sep 2018 16:07 WIB
kereta api
Pembangunan Jalur Kereta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung Hampir Selesai
Ilustrasi kereta api, Medcom.id - M Rizal

Medan: Pembangunan jalur kereta api lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, Sumatera Utara, sudah mencapai 95 persen. Proyek dengan lintasan sepanjang 21,5 Kilometer masih terus dikerjakan. 

"Dan akan segera dilakukan uji coba lintas untuk angkutan barang dari Sei Mangkei ke Pelabuhan Kuala Tanjung," ujar Pejabat Pembuat Komitmen Balai Teknik Perkeretapian (Baltek) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Lurianto Lukito di Medan, Sabtu, 29 September 2018.

Menurut dia, uji coba akan menunggu kelaikan operasional prasarana yang akan dilewati dari pihak yang berwenang. Sambil menunggu rencana uji coba, kata Lurianto, Baltek juga melihat kesiapan pengamanan perlintasan sebidang.
  
"Di jalur ini ada 77 perlintasan, sehingga perlu persiapan yang matang dalam tahap operasinya," katanya.

Lurianto menegaskan pengamanan perlintasan sebidang berpengaruh pada aspek keselamatan warga atau pengguna jalan dan perjalanan kereta apinya.

Sementara itu, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumut M Ilud Siregar menyebutkan operasional rel itu akan mendorong perekonomian Sumut karena angkutan barang akan semakin lancar.

Menurut dia, langkah itu dilakukan untuk terciptanya pelayanan jasa terpadu yang membuat semua layanan menjadi cepat dan biaya menjadi lebih murah. Untuk tahap awal, ujar Ilud, KAI sudah melakukan kerja sama dengan PT Wilmar.  

Tahap awal, intensitas kendaraan pengangkutan dua kali sehari dengan empat gerbong. Potensi angkutan kereta api memiliki potensi besar khususnya dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke dan Pelabuhan Kuala Tanjung.



(RRN)