Layanan Poliklinik di RS Adam Malik dan RS Pirngadi Tutup

Farida Noris    •    Kamis, 22 Jun 2017 17:42 WIB
ramadan 2017
Layanan Poliklinik di RS Adam Malik dan RS Pirngadi Tutup
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Pelayanan poliklinik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan tutup hingga 10 hari ke depan. Poliklinik tutup dari 23 Juni sampai 2 Juli 2017. Poliklinik aktif kembali melayani pasien rawat jalan pada 3 Juli 2017. 

Humas RSUD Dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin mengatakan, meski pegawai libur, namun operasional rumah sakit tetap berjalan. Untuk pelayanan kesehatan tetap buka dan satu pintu diserahkan ke IGD (Instalasi Gawat Darurat).

"Untuk libur pelayanan umum tetap ada melalui IGD. Seluruh petugas sudah di bagi-bagi jadwalnya dan kita siap membantu masyarakat. Meski libur, pasien rawat inap akan dilayani seperti biasa. Karena itu, masyarakat diminta tidak khawatir," ungkapnya, Kamis 22 Juni 2017. 

Terpisah, Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik Medan Masahadat Ginting SE mengatakan, pada hari libur, rumah sakit sudah memiliki prosedur tetap (protap) terkait pelayanan medis. Sehingga, pasien-pasien yang datang akan dilayani di Instalasi Gawat Darurat (IGD). 

"Namun pasien rawat inap akan dirawat seperti biasa. Jadwal dokter yang bertugas pun sudah kita atur," ungkapnya.

Dia mengatakan, rumah sakit juga sudah mempersiapkan tim layanan medis. Setiap harinya dokter umum dan lima orang dokter spesialis yakni dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis bedah dan dokter spesialis anastesi, akan tetap siaga di unit IGD. 

"Selain dokter-dokter yang siaga, semua dokter juga siap jika dilakukan on call (dihubungi), untuk antisipasi kasus darurat seperti seperti kasus kecelakaan," jelasnya.

Sedangkan untuk pasien-pasien penyakit kronis seperti diabetes yang membutuhkan obat harian, katanya, pasokan obatnya akan ditambah, hingga operasional poliklinik rawat jalan kembali beroperasi. 

"Jadi pasien tetap dilayani. Jadwal operasi pun sudah kita atur," bebernya.



(ALB)