Jalinbar Wilayah Bengkulu Siap Dilintasi Pemudik

Safran Ansyori    •    Kamis, 18 May 2017 14:49 WIB
lalu lintas
Jalinbar Wilayah Bengkulu Siap Dilintasi Pemudik
Kondisi jalan di Jalinbar wilayah Kabupaten Kaur, Bengkulu, Metro TV - Safran Ansyori

Metrotvnews.com, Bengkulu: Jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera di wilayah Kabupaten Kaur, Bengkulu, siap dilalui pemudik. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaur, Lawi Amru, mengatakan sebagian jalan di kabupaten tersebut dalam kondisi mulus.

Jalan di Kecamatan Manna itu menjadi pintu masuk dari wilayah Lampung ke Bengkulu. Lawi mengaku kondisi jalan tersebut tak lagi berlubang. 

Menurut Lawi, jalinbar membentang hingga sepanjang 100 kilometer. Meski tak sepanjang jalan dalam kondisi mulus, tapi jalinbar di Kaur sudah layak dilintasi.

"Memang pelebaran dan perbaikan jalan belum 100 persen rampung. Tapi sudah siap dilintasi," kata Lawi di ruang kerjanya, Kamis 18 Mei 2017.

Lawi mengatakan perbaikan jalan di jalibar merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi. Meski demikian, ujar Lawi, pemerintah kabupaten siap membantu.

Lawi juga mengingatkan pemudik untuk mewaspadai tiga lokasi rawan longsor. Yaitu Sranjangan, Muata Kinal, dan Tanjung Kemuding.

"Kami menyiagakan alat berat di lokasi tersebut untuk mengantisipasi bencana longsor," ujar Lawi.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur membentuk tim siaga di jalur mudik. Tim bertugas menjamin kelancaran arus mudik dan balik.

"Petugas bersiaga di musim mudik dan balik," kata Kepala BPBD Kaur, M Syopian.


(RRN)