Titik Panas di Riau Bertambah Menjadi 30 Titik

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 31 Jul 2017 15:57 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Titik Panas di Riau Bertambah Menjadi 30 Titik
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Titik panas atau hotspot di Provinsi Riau terus bertambah. Hingga Senin, 31 Juli 2017 BMKG Pekanbaru mendeteksi 30 titik panas tersebar di sejumlah wilayah di provinsi Riau. Sebelumnya, Jumat 28 Juli BMKG hanya mendeteksi 16 titik panas.

"Hari ini, melalui satelit terra dan aqua, BMKG Pekanbaru mendeteksi ada 30 hotspot di wilayah Riau. Terbanyak di Kabupaten Bengkalis," kata Ardhi, analisa BMKG Pekanbaru, kepada Metrotvnews.com, Senin, 31 Juli 2017.

Titik panas yang terdeteksi tersebut, jelas Ardhi, untuk level confidence atau tingkat kepercayaan di atas 50 persen, masing-masing berada di Kabupaten Bengkalis 10 titik, Meranti 2 titik, Dumai 1 titik, Pelalawan 1 titik, Rokan Hilir 6 titik.

Kemudian, Rokan Hulu 4 titik, Siak 3 titik, Indragiri Hilir 1 titik, dan Indragiri Hulu 2 titik. "Semuanya 30 titik. Ada penambahkan dibandingkan hari-hari sebelumnya," ujarnya. 

Untuk titik hotspot atau titik panas dengan tingkat kepercayaan (level confidence) di atas 70 persen, sambung Ardhi, masing-masing di Kabupaten Bengkalis 6 titik, Rokan Hilir 3 titik, Siak 1 titik, dan Indragiri Hulu 1 titik.

"Tingkat kepercayaan titik panas di Riau yang berada di atas 70 persen terdapat 11 titik. Satelit terra dan aqua terus akan mendeteksi selama 24 jam perkembangan titik panas tersebut," ujarnya. 

Sementara itu, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau bersama Tim Satgas Karhutla hingga saat ini terus berupaya memadamkan titik api yang tersebar di beberapa wilayah di Riau. 

"Upaya pemadaman yang kami lakukan, selain melalui darat, juga dilakukan melalui udara yakni water bombing atau bom air dari helikopter. Personel BPBD dan Tim Satgas Karhutla masih berada di lapangan untuk upaya pemadaman," ujarnya.



(ALB)