Kejaksaan Ikut Awasi Penggunaan Dana Desa di Sumut

Farida Noris    •    Rabu, 23 Aug 2017 19:34 WIB
dana desa
Kejaksaan Ikut Awasi Penggunaan Dana Desa di Sumut
Ilustrasi dana desa, Ant

Metrotvnews.com, Medan: Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara bakal mengawal penggunaan dana pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi‎ untuk pembangunan desa di Sumut. Dana tersebut bernilai sebesar Rp4,1 triliun.

"Perlu dilakukan sosialisasi, pendampingan dan pengawalan dana desa tersebut, agar sesuai dengan tujuannya," kata Ketua Tim TP4D Kejati Sumut, Idianto‎, di Medan, Rabu 23 Agustus 2017.

Idianto yang juga menjabat sebagai Asisten Intelijen Kejati Sumut menyebutkan 168 jaksa dari Kejaksaan Tinggi Sumut dam 27 Kejaksaan Negeri di provinsi tersebut terlibat dalam pengawalan. Para jaksa akan mengawasi agar dana desa digunakan tepat sasaran.

"Untuk di Sumut ada 5.323 desa," tambah Idianto.

Idianto mengatakan sosialisasi penyaluran dan penggunaan dana desa digelar serentak se-Indonesia pada Kamis 24 Agustus 2017. Kegiatan ini bakal diikuti seluruh kepala desa. Sedangkan di Medan, kegiatan akan digelar di Hotel Hermes Medan.

"Sosialisasi akan dilakukan serentak oleh tim TP4D Kejaksaan se-Indonesia. Kita juga mengimbau agar kepala desa menggunakan ‎dana sesuai aturan dan jangan sampai dikorupsi. Karena, Pemerintahan Presiden Jokowi membangunan dari pinggiran, yakni dari desa. Dengan itu, jangan disalahgunakan dana desa tersebut," tegasnya.


(RRN)