Dua Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Kerinci

Fendry Hasari    •    Selasa, 22 Jan 2019 07:52 WIB
ganja
Dua Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Kerinci
ilustrasi Medcom.id (Antara)

Jambi: Ladang ganja seluas dua hektare ditemukan di perbukitan Kabupaten Kerinci, Jambi. Hampir seribu batang ganja ditemukan di ladang tersebut. 

Kanit Pidum Ipda Rachmat Hidayat menerangkan, di lokasi pertama terdapat satu hektare tanaman ganja berukuran kecil. Selain itu, juga didapat tiga titik bibit tanaman ganja yang disemai berjumlah ratusan batang. 

Sementara untuk ganja siap panen, berjumlah ratusan bantang yang terdapat di 10 titik. Salah satu titik lokasi ganja siap panen, terdapat sekitar 50 batang dengan tinggi sekitar 1,5 meter. 

"Batang ganja yang ditemukan langsung dicabut dan dibakar. Sebagian sampel dibawa turun untuk barang bukti," ucap Rachmat, Selasa, 22 Januari 2019. 

Dia mengatakan, saat ditemukan sebagian batang ganja telah dipanen. Pemilik ladang pun tidak ada di lokasi. "Untuk identitas pemiliknya masih kita selidiki," katanya. 

Dia menduga, pemilik ladang telah mengetahui kedatangan polisi. Sehingga sejumlah ganja segera dipanen. Padahal, kata Rachmat, lokasi ladang ganja berada di dalam hutan. 

"Untuk waktu tempuh ke dalam hutan sekitar 15 jam. Selain itu medan menuju lokasi juga banyak jurang," tambahnya. 

Sementara itu, Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto, mengapresiasi anggotanya yang berhasil mengungkap ladang ganja tersebut. Dia memastikan, pihaknya akan menyelidiki temuan tersebut. 

"Ini pengungkapan kesekian kalinya, terakhir pada tahun 2011 dulu Polres Kerinci juga pernah mengungkapkan ladang ganja di Kerinci. Untuk data lebih lengkapnya akan kita sampaikan besok," singkat Kapolres.


(LDS)