Napi Rutan Tanjung Pura Langkat Kabur Lewati Pagar

Farida Noris    •    Selasa, 08 Nov 2016 17:20 WIB
tahanan kabur
Napi Rutan Tanjung Pura Langkat Kabur Lewati Pagar
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Langkat: M. Yusuf, narapidana Rutan Tanjungpura Kelas II B di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, melarikan diri dengan cara memanjat pagar rutan. Napi kasus narkoba ini memanfaatkan kelengahan petugas.

Informasi yang diperoleh, Selasa 8 November 2016, M. Yusuf kabur pada Senin 7 November memanfaatkan pengerjaan proyek pembangunan dua blok tahanan dan beberapa bangunan lainnya di rutan itu. Ketika para pekerja proyek sedang sibuk mengecor ring balok untuk menambah tinggi pagar, Yusuf langsung beraksi. 

Yusuf memanjat bangunan dan turun melalui pohon pisang milik warga yang ditanam dekat pagar rutan. Pengawasan yang lemah membuat Yusuf bisa kabur dengan mudah.

Kaburnya Yusuf baru diketahui petugas rutan setelah ada laporan dari napi lain. Kemudian, petugas rutan melaporkan peristiwa itu ke Polsek Tanjung Pura.

Petugas rutan dibantu polisi langsung mencari di sekitar lokasi hingga menyusuri aliran sungai mati yang dipenuhi rumput liar. Sejumlah warga sekitar rutan juga ikut mencari. Diduga Yusuf kabur ke arah sungai.

Kalapas Rutan Tanjungpura Kelas II B, Kriston Napitupulu, belum mau berkomentar banyak. Dia mengatakan hingga saat ini mereka terus mencari Yusuf. 

"Hingga saat ini kita masih mencari," kata dia.

M. Yusuf merupakan warga Lingkungan 10, Kampung Tengah, Kelurahan Pekan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dia divonis 5 tahun penjara dalam perkara narkoba. Dia sudah menjalani masa tahanan berkisar enam bulan.


(UWA)