Warga Sumut Diminta Waspada Puting Beliung

Farida Noris    •    Selasa, 13 Sep 2016 17:32 WIB
cuaca buruk
Warga Sumut Diminta Waspada Puting Beliung
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Masyarakat di Sumatera Utara diimbau mewaspadai angin kencang dan puting beliung. Adanya perubahan tekanan yang ekstrem menyebabkan angin kencang disertai petir berpotensi terjadi di Sumut.

"Panas lokal dan ada perubahan tekanan ekstrem, jadi kecepatan angin juga tinggi," kata Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Wilayah I Medan, Sunardi, Selasa (13/9/2016).

Sunardi mengatakan kecepatan angin bisa mencapai 20 knot. Wilayah yang berpotensi tinggi dilanda angin kencang adalah Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Simalungun, Langkat, dan Batubara.

"Potensinya besar. Bisa terjadi sore atau malam hari," urainya.

Sunardi mengingatkan sebagian besar wilayah di Sumut memasuki musim hujan. Puncak curah hujan diperkirakan terjadi pada Oktober. Setelah itu, pada November curah hujan mulai menurun. 

"Nusim hujan semakin merata di Sumatera Utara. Di samping itu, angin saat ini juga kencang," jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar bantaran sungai mewaspadai datangnya banjir. Tak hanya itu, mengingat Sumut mulai memasuki musim hujan, maka daerah pegunungan juga rawan longsor.

"Sekarang masih musim hujan, belum mencapai puncaknya. Puncaknya kita perkirakan Oktober dan akan disertai angin dan petir," bebernya.




(UWA)