Pemkot Upayakan Pesona Pasar Atas Dipertahankan

Antara    •    Senin, 06 Nov 2017 11:26 WIB
kebakaran pasar
Pemkot Upayakan Pesona Pasar Atas Dipertahankan
Pasar Atas. ANTARA FOTO/Fauzi

Metrotvnews.com, Bukittinggi: Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mengupayakan pesona Pasar Atas tetap dipertahankan pascakebakaran Senin 30 Oktober lalu. 

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar mengatakan, Pasar Atas merupakan salah satu nominasi Objek Wisata Belanja Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

"Sebelum terbakar atau pekan terakhir Oktober 2017, Pasar Atas ada di peringkat dua. Meski kini kena musibah, seni dan keunikan yang ada tetap dipertahankan walau lokasinya dipindah sementara ke penampungan," tambahnya.

Menurutnya, pusat pertokoan Pasar Atas yang terbakar pada umumnya menjual produk sulaman dan bordir kerancang. Kerajinan daerah itu harus dipertahankan serta interaksi tawar-menawar antara pembeli dan penjual termasuk sebuah daya tarik.

Pemkot berupaya menyediakan lokasi penampungan dengan kios nyaman dan dilengkapi petunjuk arah agar wisatawan mudah menemukannya bila ingin berbelanja.

Di API 2017, Pasar Atas Bukittinggi bersaing dengan nominasi lain di antaranya Nagoya Hill Kota Batam, Pasar Bawah Kota Pekanbaru, Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, Pasar Kebun Sayur Kota Balikpapan, Pasar Tanah Abang Jakarta.

Kemudian, Pertokoan Permata Martapura Kabupaten Banjar, Petak 10 Kota Ambon, Sekarbella Kota Mataram dan Kerajinan Kulit Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.

Pemungutan suara dalam ajang tersebut telah selesai dilaksanakan yaitu pada Juni 2017 hingga Oktober 2017. Sementara Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 digelar pada November 2017.



(ALB)