Kahiyang-Bobby Jalani Ritual Mapangir

Farida Noris    •    Sabtu, 25 Nov 2017 13:13 WIB
jokowi mantu
Kahiyang-Bobby Jalani Ritual Mapangir
Kahiyang Ayu Siregar dan Muhammad Bobby Afif Nasution saat menjalani ritual adat Mapangir di Tepian Raya Na Martua -- MTVN/Farida Noris

Medan: Kahiyang Ayu Siregar dan Muhammad Bobby Afif Nasution menjalani ritual adat Mapangir di Tepian Raya Na Martua, tak jauh dari lokasi resepsi di Kompleks Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara. Mapangir adalah upacara membasuh kedua tangan dan kaki.

Biasanya, pengantin yang akan melaksanakan proses ini akan mandi di Sungai Batang Gadis di daerah Mandailing Natal. Namun, pada prosesi kali ini Kahiyang dan Bobby hanya dipercikkan air oleh tetua adat.

Rangkaian ritual Mapangir dilaksanakan sebelum proses penabalan gelar dilakukan kepada Kahiyang dan Bobby. Prosesi ini menjadi simbol bahwa keduanya telah meninggalkan dan menghanyutkan masa remaja mereka dan beralih ke masa dewasa.

"Jadi, mereka membuang masa remaja itu ke sungai," kata Datu Tepian Raya Muhammad Saleh Nasution di lokasi, Sabtu, 25 November 2017.

Kahiyang dan Bobby juga mendapat nasehat dari tetua adat. Keduanya memakai pakaian adat Mandailing saat mejalani ritual Mapangir.

Kahiyang mengenakan pakaian berwarna merah, lengkap dengan riasannya. Sedangkan, Bobby memakai pakaian berwarna hitam, bulang, serta songket berwarna senada dengan pakaian Kahiyang.

Usai Mapangir, Bobby dan Kahiyang kembali ke ruang utama dengan diiringi tarian adat Mandailing dan atraksi silat. Di dalam ruangan, mereka melanjutkan prosesi penabalan gelar adat.

Gelar adat diberikan karena Bobby adalah keturunan dari Raja Raja Gunung Baringin Nasution dari Tapanuli Selatan. Bobby mendapatkan gelar Sutan Borang Gunung Baringin Naposo. Sedangkan, Kahiyang bergelar Namora Pinayungan Kasayangan.

 


(NIN)