Hutan di Aceh Barat Terbakar

Amiruddin Abdullah Reubee    •    Sabtu, 03 Feb 2018 18:07 WIB
kebakaran hutan
Hutan di Aceh Barat Terbakar
Ilustrasi pemadam kebakaran, Medcom.id - M Rizal

Banda Aceh: Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Barat kembali terjadi. Sedikitnya 2 hektare (ha) lahan hutan gambut dan kebun sawit terbakar di kawasan Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan dan kawasan Ujoeng Tanjoeng, Kecamatan Meureubo.

Kebakaran berlangsung sejak 4 hari terakhir. Diduga kebakaran akibat pembukaan lahan baru oleh warga sekitar. Apalagi sekarang di lokasi itu cuaca sangat panas sehingga percikan api cepat meluas.

"Sekitar satu hektar kebakaran di Lapang Kecamatan Johan Pahlawan itu termasuk akibat pembukaan lahan baru" Kata Muslim, warga selitar, Sabtu 3 Februari 2018.

Puluhan relawan dan dibantu TNI/Polri telah turun ke lokasi untuk memadamkan api. Tiga unit armada pemadam kebakaran dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Aceh Barat juga dikerahkan ke lokasi kahutla.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Aceh Barat, Beni Kurdi mengatakan, pihaknya telah menghimbau kepada warga sekitar supaya jangan membakar di sekitar hutan. Pasalnya percikan api bisa menyulut lokasi hutan lindung dan lahan gambut yang ada dekat lokasi.




(RRN)