Lima Titik Panas Terpantau di Aceh

Antara    •    Rabu, 11 Apr 2018 09:22 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Lima Titik Panas Terpantau di Aceh
ilustrasi Medcom.id

Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blangbintang mendeteksi lima titik panas berada di wilayah Provinsi Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang, Aceh, Zakaria mengatakan, kelima titik panas itu terkonsentrasi pada dua kabupaten di provinsi paling ujung Utara di Pulau Sumatera tersebut.

Sebanyak empat titik panas di antaranya terpantau berada di Aceh wilayah Tengah. Yakni di daerah dataran tinggi penghasil kopi jenis arabika dan robusta Bener Meriah.

Di daerah penghasil kopi dengan kualitas ekspor, titik panas itu tersebar pada tiga kecamatan. Yaitu di Bandar dua titik, Permata dan Syiah Utama masing-masing satu titik.

Sisanya satu titik panas lagi terpantau di Simpang Keuramat, Aceh Utara, dengan memiliki tingkat kepercayaan atas kebakaran hutan dan lahan sebesar 56 persen.

"Dua titik panas di Bandar patut diduga sebagai titik api. Akibat memiliki tingkat kepercayaan 81 persen dan 89 persen," katanya.

"Dan satu titik di Kecamatan Syiah Utama, merupakan titik api. Sebab, tingkat kepercayaan kebakaran hutan dan lahan tunjukkan 100 persen," kata Zakaria.


(ALB)