Pemprov Kepri Bentuk Panitia Galang Donasi untuk Gempa Sulteng

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 04 Oct 2018 11:16 WIB
Gempa Donggala
Pemprov Kepri Bentuk Panitia Galang Donasi untuk Gempa Sulteng
gempa di Palu. Foto, BNPB

Batam: Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggalang donasi untuk membantu masyarakat Palu, Donggala, dan sekitarnya pascagempa bumi di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, Pemprov Kepri membentuk panitia penggalangan donasi untuk korban gempa Palu dan Donggala, Sulteng. Donasi yang terkumpul selanjutnya akan diserahkan langsung ke Palu.

"Kami membentuk panitia penggalangan donasi. Tujuannya agar tidak ada kelompok-kelompok yang tak terkoordinasi melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat Palu dan sekitarnya," ungkap Nurdin saat ditemui di peresmian Kampus Institus Teknologi Batam (Iteba), Batam, Rabu, 3 Oktober 2018.

Nurdin mengungkapkan, Pemprov Kepri secara resmi membentuk panitia yang akan mengkoordinir bantuan untuk masyarakat Palu, Donggala, dan sekitarnya.

Nantinya panitia tersebut yang menghimpun donasi dan bantuan dari para Aparat Sipil Negara (ASN) untuk selanjutnya disalurkan kepada para korban gempa.

"Kami nantinya akan memberi tanda atau semacam posko yang disebarkan ke wilayah Kepri agar seluruh bantuan atau donasi dapat terkoordinir dengan baik," ungkapnya.

Selain Pemprov Kepri, kata Nurdin, pemerintah kota/kabupaten juga melakukan hal sama yakni menggalang dana dan bantuan kemanusiaan bagi para korban dan masyarakat Sulteng.

"Karena ini menyangkut soal donasi jadi kita harus betul-betul mampu meng-organisir dan harus bisa dipertanggungjawabkan," ujar Nurdin.

Selain donasi dalam bentuk uang, panitia yang dibentuk juga akan menghimpun bantuan barang yang disumbangkan oleh ASN atau masyarakat Kepri. "Barang atau bantuan lainnya juga kita terima yang bisa membantu meringankan beban masyarakat Palu dan sekitarnya," pungkas Nurdin.



(ALB)