Pemprov Jambi Siap Berhentikan ASN Korup

Solmi    •    Jumat, 14 Sep 2018 19:17 WIB
pemerintah daerah
Pemprov Jambi Siap Berhentikan ASN Korup
Ilustrasi. Pegawai Negeri Sipil (PNS). Antara/Mohammad Hamzah.

Jambi: Pemerintah Provinsi Jambi merespons positif Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Kepala Badan Kepegawaian Negara terhadap pemberhentian pegawai negeri atau aparatur sipil negara di Jambi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi sudah bergerak cepat menindaklanjuti surat keputusan bersama tiga lembaga tinggi negara untuk pemecatan tidak hormat ASN yang terlibat korupsi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendapatkan data dan bukti yang jelas dari pegawai-pegawai yang dimaksudkan dalam surat keputusan bersama itu. Selanjutnya, hasilnya akan kita kirim ke Badan Kepegawaian Negara untuk dipastikan," kata Johansyah.

Menurut Johansyah, sebenarnya data dari lima orang oknum PNS yang terdata terlibat kejahatan korupsi secara umum sudah ada di Pemprov.  Namun karena keputusan hukum terhadap para PNS dimaksud berkasnya tidak dimiliki secara lengkap di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jambi.

"Supaya jelas dan tidak salah kaprah, makanya dikoordinasikan dengan organisasi perangkat daerah, badan kepegawaian daerah. Sebelum keputusan bersama keluar, Pak Sekda sudah merapatkan juga masalah ini dengan pemerintah pusat di Jakarta," kata Johansyah.


(ALB)