Wali Kota Tanjungpinang Daftar Bakal Calon di Hanura

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 20 Jul 2017 18:39 WIB
pilkada 2018
Wali Kota Tanjungpinang Daftar Bakal Calon di Hanura
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Batam: Pergerakan politik jelang Pilkada Tanjungpinang 2018 mulai terasa. Dua bakal calon wali kota, Lis Darmansyah dan Iskandar Syah mengambil formulir pendaftaran calon di DPC Hanura Tanjungpinang, Kamis, 20 Juli 2017.

Lis Darmansyah adalah Sekretaris DPD PDIP Provinsi Kepri dan saat ini menjabat Wali Kota Tanjungpinang, Sedangkan Iskandar Syah adalah Ketua Komisi II DPRD Kepri. 

Saat pengambilan formulir pendaftaran bakal calon wali kota, Lis diwakili oleh Suparno, kader PDIP Tanjungpinang. "Pak Lis berhalangan hadir sehingga saya yang mewakili untuk mengambil formulir pendaftaran tersebut," kata Suparno, Kamis, 20 Juli 2017. 

Ia mengatakan akan mempelajari materi formulir pendaftaran bakal calon wali kota yang diberikan Hanura, termasuk syarat-syaratnya. "Terkait koalisi belum kami putuskan karena sebenarnya kami bisa mengusung sendiri calon tanpa berkoalisi," ujarnya. 

Sekadar diketahui, PDIP memperoleh 7 kursi di DPRD Tanjungpinang sehingga memenuhi syarat untuk mengusung sendiri calon. Adapun Hanura meraih 4 kursi, peraih suara terbanyak nomor tiga setelah Golkar yang juga meraih 4 kursi di DPRD Tanjungpinang. 

Kehadiran Iskandar Syah sebagai bakal calon wali kota ikut meramaikan konstelasi politik jelang Pilkada Tanjungpinang. 

Kader PKS ini mulai santer disebut sebagai kandidat calon wali kota selain beberapa nama lainnya, seperti Lis Darmansyah, Syahrul (wakil wali kota), dan Ade Angga (Ketua DPD II Golkar Tanjungpinang).

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Tanjungpinang Rona Andaka mengakui, beberapa bakal calon wali kota mulai mendekati partainya. Sebagai bukti keseriusan, mereka mengambil formulir pendaftaran bakal calon di partai pimpinan Oesman Sapta ini.

"Ada beberapa calon yang sudah mendaftar. Kami membuka kesempatan kepada calon atau partai lain untuk melakukan komunikasi. Dengan raihan 4 kursi, mau tak mau kami harus berkoalisi," ujarnya.

Ke partai mana Hanura akan berkoalisi? Rona belum berani menjawab. "Semuanya akan kami putuskan sesuai mekanisme partai. Dalam waktu dekat akan kami putuskan," ujarnya. 

Selain Lis Darmansyah dan Iskandar Syah, dua bakal calon wali kota dan wakil wali kota Tanjungpinang juga telah mendaftar di Hanura. Mereka adalah Andi Cori Fatahuddin dan Basyaruddin Idris.

Sementara itu, Ketua DPD II Golkar Tanjungpinang, Ade Angga mengatakan bahwa internal partainya sudah mengajukan nama calon wali kota Tanjungpinang ke DPP Golkar untuk diusung pada Pilkada Tanjungpinang.

Nama calon tersebut tak lain adalah namanya."Kebetulan nama yang diusung adalah nama saya. Namun, proses penetapannya menunggu setelah Golkar berkoalisi dengan partai lain. Pengajuan secara resmi ke DPP Golkar harus langsung berpasangan," ujarnya.

Ia mengakui, Golkar harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil walikota Tanjungpinang. Untuk tahapan ini, kata Ade, partainya intens melakukan komunikasi dengan partai lain.

"Kami intens komunikasi dengan partai lain, seperti Demokrat (3 kursi), Hanura (4 kursi), PPP (2 kursi), PKPI (2 kursi) dan Nasdem (belum ada kursi di DPRD Tanjungpinang)," ujarnya.


(ALB)