Ponpes di Lampung Bantu Polisi Cegah Radikalisme

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 26 Jul 2017 08:10 WIB
radikalisme
Ponpes di Lampung Bantu Polisi Cegah Radikalisme
Ttokoh agama Lampung Timur, Alexta Misran. Foto: Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari

Metrotvnews.com, Lampung: Sejumlah pondok pesantren di Lampung berperan aktif membantu kepolisian mencegah tumbuhnya paham radikalisme. Tokoh agama di ponpes kerap berkoordinasi dan memberikan kajian Islam yang menenangkan.

"Islam yang kita anut adalah Islam rahmatan lil alamin. Anti sekali dengan kekerasan. Radikalisme kita tolak karena meresahkan masyarakat," kata tokoh agama Lampung Timur, Alexta Misran, di Polres Lampung Timur, dalam sebuah diskusi bertema "Mencegah Paham Radikalisme di Wilayah Hukum Polres Lampung Timur", di Terbanggi Matga, Sukadana, Lampung Timur, Selasa 25 Juli 2017.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Mufid Lampung Timur ini mengatakan, tanpa pemahaman agama yang mendalam, masyarakat mudah disusupi paham radikalisme. "Makanya kita selalu memberikan motivasi dan memberikan pengarahan di setiap majelis taklim," katanya.

Jika ditemukan hal mencurigakan yang dibawa oleh orang luar, Alexta meminta masyarakat untuk mengomunikasikannya dengan tokoh agama atau tokoh masyarakat. "Minimal melapor ke ketua RT," ujarnya.

Cara-cara seperti itu, kata dia, mampu membuat masyarakat Lampung Timur selalu awas terhadap bibit radikalisme. "Kalau pun terbukti ada yang menyebarkan paham itu, kita akan langsung menanggapinya dengan serius. Polisi pasti turun tangan," ujarnya.

Masyarakat Lampung Timur, kata dia, juga menjunjung tinggi toleransi beragama. "Masyarakat yang hendak beribadah ke gereja atau ke pura, kami jaga agar ibadah mereka tetap nyaman," katanya.


(UWA)