Awan Panas Sinabung Meluncur, Kabupaten Karo Dihujani Abu Vulkanik

Farida Noris    •    Selasa, 01 Nov 2016 14:35 WIB
gunung sinabung
Awan Panas Sinabung Meluncur, Kabupaten Karo Dihujani Abu Vulkanik
Suasana di sekitar Gunung Sinabung saat meluncurkan awan panas pada Senin 31 Oktober 2016, sumber foto: PVMBG

Metrotvnews.com, Karo: Gunung Sinabung meluncurkan awan panas pada Selasa 1 November. Abu vulkanik pun menghujani Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tanggap Darurat Sinabung Letkol Inf Agustatius Sitepu mengatakan aktivitas Sinabung masih tinggi. Awan panas meluncur hingga sejauh 3 Km mengarah ke tenggara dan timur.

"Itu terjadi tadi pagi pukul 07.00 WIB. Erupsinya beruntun, sehingga Kecamatan Naman Teran di Karo ditutupi abu vulkanik," kata Agustatius kepada Metrotvnews.com.

Namun kondisi itu tak mengganggu aktivitas. Warga tetap beraktivitas.

Agustatius mengaku masih banyak warga memasuki zona merah untuk mengambil hasil ladang. Padahal zona tersebut berbahaya.

"Makanya kami terus patroli dan memberi pengarahan agar warga tidak masuk ke sana. Karena aktivitas Sinabung ini cukup tinggi," urai dia.

Sejak pukul 07.00 hingga berita ini dimuat, Sinabung bererupsi sebanyak lima kali. Erupsi terakhir terjadi pukul 13.30 WIB dengan jarak luncur awan panas 1,5 Km.

Sejak 2 Juni, status Sinabung berada pada Level IV atau Awas. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta warga dan wisatawan menjauhi zona berbahaya sejauh 3 Km dari puncak. 

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta tetap waspada terhadap bahaya lahar.


(RRN)