Hingga Siang Ini, Awan Panas Tiga Kali Meluncur dari Sinabung

Budi Warsito    •    Senin, 31 Oct 2016 15:00 WIB
gunung sinabung
Hingga Siang Ini, Awan Panas Tiga Kali Meluncur dari Sinabung
Suasana di sekitar Gunung Sinabung saat meluncurkan awan panas pada Senin 31 Oktober 2016, sumbe foto: PVMBG

Metrotvnews.com, Karo: Gunung Sinabung meluncurkan guguran awan panas pada Senin 31 Oktober. Awan panas meluncur hingga sejauh 3.000 meter ke arah tenggara dengan tinggi kolom sekitar satu kilometer dari puncak gunung.

Ardi, petugas Piket Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mengatakan Gunung Sinabung meluncurkan guguran sebanyak tiga kali hingga pukul 14.00 WIB. 

"Itu erupsinya tercatat pukul 08.33 WIB tadi, dengan angin sedang ke arah timur, dan lama gempa 344 detik," jelas Ardi kepada Metrotvnews.com via telepon.

Erupsi kembali terjadi pukul 09.49 WIB dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah tenggara dan timur. Tinggi kolom kurang lebih 500 meter.

Pada pukul 11.00 WIB, Gunung Sinabung kembali bererupsi. Awan panas meluncur hingga sejauh 1.500 meter ke arah tenggara dan timur. Tinggi kolom yaitu 500 meter.

Ardi meminta warga tak memasuki daerah zona merah. Sebab letusan dan awan panas masih berpotensi terjadi.

"Mengingat besarnya kubah lava di puncak Gunung Sinabung, terakhir hasil pengukuran 2,4 juta meter kubik dan sedang dalam musim hujan, warga diimbau mewaspadai bahaya lahar," ungkap Ardi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan status Gunung Sinabung yaitu Awas level IV. Guguran awan panas pun masih berpotensi tinggi


(RRN)