Jokowi Bakal Hadiri Pelantikan Gubernur Aceh

Nurul Fajri    •    Rabu, 05 Jul 2017 09:27 WIB
presiden jokowi
Jokowi Bakal Hadiri Pelantikan Gubernur Aceh
Presiden Joko Widodo -- MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Presiden Joko Widodo akan menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022 Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah. Jokowi akan singgah terlebih dahulu di Banda Aceh dalam perjalanannya menuju Ankara, Turki.

Kabag Humas Pemda Aceh Mulyadi Nurdin mengatakan, Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda pukul 09.30 WIB. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung menuju ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), tempat acara pelantikan berlangsung.

"Presiden akan hadir dan memberi ucapan selamat untuk Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah. Setelahnya, langsung kembali ke bandara untuk melanjutkan perjalanan ke Turki," kata Mulyadi di Banda Aceh, Rabu 5 Juli 2017.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih akan dilakukan pukul 09.00 WIB oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Acara akan berlangsung sesuai jadwal, tanpa menunggu kedatangan Jokowi.

"Acara akan berjalan sesuai jadwal," tuturnya.

Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih ini tidak dilakukan di Istana Negara Jakarta sebagaimana gubernur dan wakil gubernur terpilih provinsi lain. Laman resmi Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, gubernur dan wakil gubernur Aceh tidak dilantik langsung oleh Presiden.

Payung hukum yang digunakan bukan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, elainkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Pada Pasal 69 huruf c UU Nomor 11 Tahun 2006, disebutkan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan gubernur/wakil gubernur dilakukan oleh mendagri atas nama Presiden RI di hadapan Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh dalam Rapat Paripurna DPRA.


(NIN)