Tiga Titik Panas Terpantau di Aceh

Antara    •    Kamis, 24 Aug 2017 11:59 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Tiga Titik Panas Terpantau di Aceh
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Blang Bintang menyatakan tiga titik panas terpantau satelit di wilayah Kabupaten Aceh Barat.

"Pagi ini, terdeteksi oleh satelit bertahan sejak kemarin, yakni tiga hotspot (titik panas)," ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Blang Bintang Zakaria di Aceh Besar, Kamis 24 Agustus 2017.

Posisi atau letak kordinat di Aceh Barat masih sama atau tepatnya berada di tiga kecamatan, yaitu Johan Pahlawan, Kaway Enambelas, dan Woyla. Dia Zakaria bilang, satelit dapat melihat potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terutama di kawasan bergambut yang diukur dari persentase titik tersebut.

"Ketiga titik panas di Aceh Barat itu, terdeteksi satelit memiliki tingkat kepercayaan karhutla di atas 50 persen lebih," katanya.

"Semakin tinggi angka dalam persentasenya, maka semakin memungkinkan suatu kawasan hutan maupun lahan terbakar," kata Zakaria.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nagan Raya Teuku Rahmadsyah melaporkan, sekitar 10 hektare lahan gambut di wilayahnya terbakar. Tepatnya di Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, terbakar sehingga menyebabkan terjadinya kabut asap pada malam hari.

Data BMKG setempat pada Selasa 23 Agustus, wilayah Nagan Raya terpantau enam titik panas. Tepatnya di Kecamatan Darul Makmur empat titik, dan Kecamatan Kula dua titik.

"Lokasi kebakaran lahan, sulit dijangkau. Karena medan jalan sulit diterobos, oleh armada pemadam kebakaran. Namun, tetap dilakukan upaya penanganan berupa pemadaman dengan cara-cara lain," ucapnya.



(ALB)