Banjir Surut, Warga Aceh Jaya Kembali ke Rumah

Nurul Fajri    •    Kamis, 20 Oct 2016 18:33 WIB
banjir aceh
Banjir Surut, Warga Aceh Jaya Kembali ke Rumah
Anak-anak bermain di lokasi banjir di Aceh, MI - Amiruddin Abdullah Reubee

Metrotvnews.com, Calang: Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Jaya mulai surut, Kamis 20 Oktober. Warga pun mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan lumpur dan sampah yang terbawa banjir.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Aceh Jaya, Fajar Diharta, mengatakan tinggi air di sejumlah kecamatan sudah mulai berkurang. Rata-rata banjir surut hingga ketinggian kurang lebih 20 Cm.

"Warga sudah ada yang mulai membersihkan rumah," ujar Fajar pada Metrotvnews.com, Kamis (20/10/2016).

Beberapa warga masih mengungsi di tenda darurat, masjid, dan meunasah. Fajar mengatakan BPBD telah menyalurkan bantuan logistik pada korban. BPBD juga menuturkan kebutuhan air bersih bagi warga juga lancar dan tidak ada kendala.

Sebelumnya, para warga yang mengungsi juga sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Aceh Jaya, kata dia.

Banjir yang melanda kabupaten Aceh Jaya merupakan banjir luapan air sungai Teunom dan Krueng Sabe. Hujan yang mengguyur wilayah ini membuat debit air sungai naik hingga mengenangi rumah warga. Setidaknya 3.219 rumah terendam dan lebih dari 10 ribu jiwa terpaksa mengungsi.


(RRN)