Pemasok Senjata Teroris Bom Surakarta Ditangkap

   •    Kamis, 16 Mar 2017 19:34 WIB
bom bunuh diri
Pemasok Senjata Teroris Bom Surakarta Ditangkap
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Palembang: Dua pemasok senjata untuk pelaku peledakan bom bunuh diri Polres Surakarta beberapa bulan lalu ditangkap di Sumatera Selatan. Keduanya adalah C dan T.

"Kedua tersangka merupakan pemasok senjata api kepada pelaku teroris jaringan Abu Faisal," kata Kapolda Irjen Agung Budi Maryoto di Palembang, seperti dikutip Antara, Kamis 16 Maret 2017.

Agung mengatakan, kedua pelaku ditangkap Rabu malam 15 Maret oleh tim Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. dari tangan merekw disita dua pucuk senjata api rakitan jenis revolver dan 25 butir peluru berdiameter sekitar 9 mm.

Baca: Pengamat: Bom Bunuh Diri di Surakarta terkait ISIS

"Dari Densus 88 kami ketahui bahwa pelaku ini menjual senjata api rakitan kepada jaringan Abu Faisal pelaku bom Mapolres Surakarta," ungkap Agung. 

Direktur Derektorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Kombes Prasetijo, menjelaskan dari barang bukti yang ada pihaknya akan mendalami asal dan tempat pembuatan senjata.

"Peluru dan onderdil senjata api resmi dari sana akan kami dalami asal usul senjata tersebut. Kami sudah pegang nama-namanya tinggal menunggu pendalaman selanjutnya," papar Prasetijo.

Baca: Target Bom Bunuh Diri di Surakarta Polisi

Dari Densus 88 didapat informasi bahwa Abu Faisal pernah datang dan menginap di salah satu hotel di Palembang. "Abu Faisal memerintahkan As tersangka yang sebelumnya sudah ditangkap untuk mencari senjata rakitan akan digunakan dalam aksinya," ungkap dia.

Dari AS didapatkan empat pucuk senjata api rakitan yang konon berasal dari OKU Timur dengan harga Rp10 juta. Dari senjata ini dua tersangka tertangkap AS dan Brbm,  serta masih ada dua lagi dalam pendalaman yakni tersangka C , 39, dan T, 41 profesi buruh dan wiraswatsa.


(ALB)