Pembangunan Infrastruktur Sumsel Didominasi APBN dan Dana Investor

Alwi Alim    •    Rabu, 25 Oct 2017 20:56 WIB
infrastruktur
Pembangunan Infrastruktur Sumsel Didominasi APBN dan Dana Investor
Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin. Foto: MI/Dwi Apriani

Metrotvnews.com, Palembang: Banyaknya pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan didominasi dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan investor. Banyaknya kebutuhan daerah, menyebabkan Pemerintah Provinsi Sumsel tak bisa menganggarkan lebih.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengakui APBD Sumsel itu banyak terpakai di anggaran yang menyasar masyarakat, seperti berobat gratis dan sekolah gratis bagi masyarakat. Anggaran daerah 60 persen untuk infrastruktur yang jadi arahan pemerintahan Jokowi-JK sulit tercipta.

"Intruksi presiden sebenarnya bukan anggaran 60 persen untuk pembangunan tapi, setiap daerah diminta untuk fokus dalam pembangunan jangan terlalu banyak sehingga dikhawatirkan tidak selesai," katanya saat ditemui di Griya Agung, Rabu, 25 Oktober 2017.

Meskipun begitu, pihaknya meminta agar setiap dinas seperti PUBM dan PUCK memfokuskan pembangunan jangan terlalu banyak sehingga berdampak pada pembangunannya. Misalnya, pembangunan jembatan harus fokus jangan terlalu banyak dan lain sebagainya.

Saat ini anggaran APBD Sumsel sebesar Rp8 triliun. Meskipun tidak terlalu besar, tapi pembangunan infrastruktur di Sumsel sangat banyak terutama menjelang Asian Games 2018. Banyak dana yang mengucur ke Sumsel berasal dari APBN dan juga pihak ketiga atau investor.

"Seperti contoh LRT itu dana dari APBN yang mencapai Rp10 triliun, dan lain sebagainya," pungkasnya.


(SUR)