PKB Segera Umumkan Jagoan di Pilgub Sumsel

Alwi Alim    •    Kamis, 26 Oct 2017 18:16 WIB
pilkada serentak
PKB Segera Umumkan Jagoan di Pilgub Sumsel
Dodi Reza Alex Noerdin. Foto: MI/Dwi Apriani

Metrotvnews.com, Palembang: DPP Golkar resmi mengusung putra sulung Gubernur Alex Noerdin, Dodi Reza Alex Noerdin, untuk maju Pilgub Sumatera Selatan 2018. Isyarat dukungan ke Bupati Musi Banyuasin muncul pula dari PKB yang mengantongi enam kursi.

Indikasi koalisi muncul dari pernyataan Ketua DPD Golkar Sumsel Alex Noerdin. Dia menyebuat ada salah satu partai yang menguasai enam kursi di dewan juga segera mengusung anaknya.

(Baca: Dodi Reza Diklaim Punya 16 Kursi untuk Pilgub Sumsel)

Sekretaris DPW PKB Sumsel Nasrun Halim enggan mengakui partainya telah berkoalisi dengan Golkar. Namun, dia mengaku Dodi Reza menjadi salah satu nama yang diajukan ke DPP PKB bersama Ishak Mekki, Herman Deru, dan Aswari Rivai.

"Nama-nama ini selalu berkomunikasi. Bukan hanya calon tertentu saja," katanya saat ditemui di DPRD Sumsel, Kamis, 26 Oktober 2017.

Sistem pemilihan ini nantinya berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan (fit dan proper test) dan beberapa pertimbangan, salah satunya elektabilitas. Selain itu, loyalitas kandidat ke NU dan PKB juga dilihat.

Setelah dianggap memenuhi persyaratan maka akan dipilih oleh DPP PKB. "Keputusan ini mungkin akan dikeluarkan dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

PAN, yang juga punya enam kursi di dewan mengaku hanya menjalin koalisi bersama Partai NasDem. Wakil Ketua DPW PAN Sumsel, Asnadi CA, menegaskan hal ini sudah menjadi keputusan dari DPP PAN.

"Jadi setiap kader PAN harus mentaati dan akan memenangkan pasangan yang diusung NasDem di Pilgub Sumsel," singkatnya.

(Baca: Golkar Resmi Usung Putra Alex Noerdin Maju Pilgub Sumsel)


(SUR)