4 'Ajar Poda' Jokowi pada Kahiyang dan Bobby

Farida Noris    •    Sabtu, 25 Nov 2017 18:00 WIB
jokowi mantu
4 'Ajar Poda' Jokowi pada Kahiyang dan Bobby
Presiden Joko Widodo menerima salam dari menantunya, Bobby Afif Nasution, saat `ngunduh mantu` di Medan, Sumatera Utara -- ANT/Septianda Perdana

Medan: Presiden Joko Widodo memberikan empat `ajar poda` kepada Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution saat pesta adat `ngunduh mantu`. Ajar poda adalah nasihat dari orang tua dan raja adat kepada pengantin sebagai bekal berumah tangga.

"Ananda Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu, hari ini adalah hari yang baik. Berbahagia bagi ananda berdua. Ananda berdua telah selesai diberi gelar adat yang di dalamnya berisi nasihat. Sebagai orang tua, saya juga akan memberikan `ajar poda` sebagai bekal bagi ananda mnjalani kehidupan ke depan," kata Jokowi di Kompleks Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara, Sabtu, 25 November 2017.

Pertama, kata Jokowi, Bobby-Kahiyang mempunyai kewajiban saling menyayangi, menghormati, dan menjaga tangung jawab masing-masing. Tanggung jawab juga mencakup ke masyarakat, agama, bangsa, dan negara.

"Kasih sayang membawa persatuan. Persatuan membawa kebaikan bersama. Ada yang harus ananda berdua amalkan. Untuk hidup bahagia, harus menjaga sopan santun. Jika tidak, maka malapetaka akan datang," ucap Jokowi.

Kedua, menangis bukan hanya di mulut, tapi juga di hati. Kebaikan harus sepenuh hati.

Ketiga, mengenai kemalangan. Terakhir, seseorang akan memetik hasilnya jika banyak menanam. Artinya, seseorang harus banyak-banyak berbuat kebaikan agar bisa memetik kabahagiaan.

"Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya sampaikan terima kasih atas penerimaan, keramahtamahan, dan sambutan luar biasa kepada kami sekeluarga. Termasuk pemberian marga Siregar kepada putri saya," pungkas Jokowi.

 


(NIN)