Soal Ahok, Surya Paloh: Kita Ikuti Proses Hukum

Anwar Sadat Guna    •    Minggu, 06 Nov 2016 15:53 WIB
unjuk rasa
Soal Ahok, Surya Paloh: Kita Ikuti Proses Hukum
Ketua Partai NasDem Surya Paloh di Batam, Metrotv

Metrotvnews.com, Batam: Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo soal unjuk rasa di Jakarta pada 4 November. Surya Paloh mengaku prihatin dengan bentrokan yang mencederai aksi damai tersebut.

Surya Paloh menghargai warga yang menyampaikan aspirasi. Namun sebagai warga negara, ia berharap tak ada oknum yang merusak dan membuat tindakan mengkhawatirkan.

Surya Paloh mengapresiasi tindakan Presiden Joko Widodo yang meminta demonstran pulang ke rumah masing-masing. Jokowi juga menegaskan dugaan penistaan agama yang menyeret Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dituntaskan lewat jalur hukum.

Baca: Presiden Jokowi Minta Pedemo Pulang

Ia juga menilai pemerintah melakukan hal yang benar dan proporsional. Ia juga mendukung pemerintah melakukan penegakan hukum pada Ahok.

"Terkait kasus Ahok, Pemerintah sudah menyatakan sedang dalam proses. Polisi juga merespon dengan cepat," ungkap Surya Paloh dalam pelantikan Ketua DPW Partai NasDem Kepulauan Riau (Kepri) di Batam, Minggu (6/11/2016).

Surya Paloh juga mengapresiasi kebijakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang melakukan gelar perkara secara terbuka dan transparan. Sehingga media pun dapat meliput dan menyampaikan proses perkara langsung pada masyarakat.

"Tentu hal ini sebuah hal yang baru. Gelar perkara dilakukan dengan transparan. Mari kita mengikuti proses hukum yang berjalan. Kalau memang (Ahok) salah ya diproses, tetapi bila tidak artinya keputusan hukum harus tetap dihormati," pungkasnya. 

Kerusuhan terjadi pada Jumat malam 4 November di depan Istana Negara, Jakarta. Kericuhan terjadi usai jutaan warga berdemonstrasi menuntut Polri menindak dugaan pelecehan agama yang menyeret Ahok. 


Aparat terpaksa menembakkan gas air mata untuk meredakan bentrokan. Seorang provokator pun dibekuk aparat. 


(RRN)