Kelompok Parmalim Ajak Warga Indonesia Berdoa untuk Keutuhan NKRI

Budi Warsito    •    Minggu, 20 Nov 2016 11:22 WIB
kedaulatan nkri
Kelompok Parmalim Ajak Warga Indonesia Berdoa untuk Keutuhan NKRI
Kelompok Parmalim berdoa bersama untuk keutuhan NKRI, MTVN - Budi Warsito

Metrotvnews.com, Toba Samosir: Sekelompok warga di Toba Samosir, Sumatera Utara, menggelar doa bersama untuk keutuhan Negara Kesatuan RI. Kegiatan digelar setelah kasus penistaan agama yang menyeret Gubernur nonaktif Basuki Thahaja Purnama alias Ahok sempat menimbulkan gesekan antarkelompok.

Kegiatan doa bersama berlangsung di Bale Pasogit Partonggoan Parmalim Hutatinggi di Desa Hutatinggi, Kabupaten Toba Samosir. Kegiatan bertajuk 'Doa Dari Pelosok Desa Untuk Negara dan Pemimpin'.

Tokoh masyarakat Parmalim, Sabar Simanjuntak, mengaku kecewa lantaran gesekan muncul mengganggu ketenteraman beberapa hari terakhir. Lantaran itu, Sabar Simanjuntak dan anggota Parmalim lain pun berdoa masalah itu berakhir.

"Kami mungkin berada di pelosok dan berkomunitas kecil, tapi sebagai anak bangsa, kami berharap, doa bersama yang kami gelar ini dapat menjadi penyemangat bagi seluruh rakyat untuk bersama-sama bertekad menjaga keamanan dan ketertiban negara, tidak terpecah belah," kata Sabar Simanjuntak yang memimpin doa bersama di Toba Samosir, Sabtu (19/11/2016).

Parmalim juga mengajak warga lain yang berbeda suku, agama, ras, dan golongan menjaga keutuhan negara. Parmalim, ungkap Sabar, mengingatkan para pemimpin untuk mempertahankan Bhineka Tunggal Ika.

"Maka, mari kita saling menghargai di dalam Indonesia. Dari kami saudaramu, penganut kepercayaan Parmalim di kampung kecil di kabupaten Toba Samosir," pesan Sabar.



(RRN)