44 Korban Kapal Tenggelam Belum Ditemukan

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 02 Nov 2016 16:32 WIB
kapal tenggelam
44 Korban Kapal Tenggelam Belum Ditemukan
Tim gabungan mengevakuasi korban yang selamat. Foto: MI/Hendri Kremer

Metrotvnews.com, Batam: Tim gabungan dari Polda Kepri, Lantamal IV, Basarnas dan BPBD Kepri masih mencari puluhan korban kapal tenggelam di Perairan Tanjungmemban, Nongsa, Kepulauan Riau, Rabu 2 November 2016.

Informasi yang dihimpun, sampai saat ini masih ada 44 penumpang kapal belum ditemukan. Total seluruh penumpang yang ada di atas kapal mencapai 101 orang termasuk ABK dan nakhoda kapal. 

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan, informasi awal yang diterima tim evakuasi ada 96 penumpang. Namun informasi terbaru yang diterima dari korban selamat, ada sekira 101 penumpang di atas kapal. 

"Total semuanya 101 orang, termasuk nakhoda dan ABK. Sebanyak 39 korban selamat sudah dievakusi, 18 korban meninggal kini di RS Bhayangkara, dan 44 penumpang lainnya belum ditemukan," kata Kapolda saat ditemui di Pos DVI Polda Kepri, di RS Bhayangkara, Rabu (2/11/2016).

Seluruh kekuatan di perairan, kata Sam, dikerahkan untuk mencari korban yang belum ditemukan. Selain kapal Polair Polda, kapal TNI AL, Basarnas, dan BPBD Kepri juga dikerahkan. Selain itu, beberapa helikopter Polda Kepri dan Lantamal IV juga dikerahkan menyisir perairan Tanjungmemban. 

"Tim evakuasi akan menyisir hingga ke OPL antara Malaysia dan Indonesia. Kita berharap bisa menemukan korban sore ini," ujarnya. 

Saat ini ada empat penumpang selamat menjalani perawatan intensif di UGD RS Bhayangkara Polda Kepri. Keempat penumpang ini diselamatkan nelayan yang berada tak jauh dari lokasi kapal tenggelam. 

Hendra, 36, penumpang selamat mengaku terombang-ambing sekira satu jam di lautan sebelum diselamatkan nelayan. Ia bisa bertahan setelah memegang tas milik penumpang lainnya. 

"Kapal yang kami tumpangi terbalik diempas ombak sebelum akhirnya tenggelam," ujarnya.

 


(UWA)