Acara Nobar Film G30S/PKI di Tanjungpinang Digelar Santai

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 29 Sep 2017 17:02 WIB
peringatan g 30 s pki
Acara Nobar Film G30S/PKI di Tanjungpinang Digelar Santai
Spanduk mengajak warga menonton bersama film penumpasan G 30 S PKI di Batam, MTVN - Anwar

Metrotvnews.com, Batam: Ribuan warga terdiri dari pegawai, pelajar, mahasiswa, prajurit TNI, dan ormas antusias menonton film Gerakan 30 September (G30S/PKI) di aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Acara tersebut berlangsung pada Jumat siang 29 September 2017.

Kegiatan nonton bareng (nobar) film bersejarah yang diselenggarakan Korem 033/Wira Pratama dan Pemprov Kepri itu juga diisi beberapa kegiatan. Di antaranya; penyajian materi wawasan kebangsaan oleh Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

"Selain materi wawasan kebangsaan, acara nobar ini juga diisi dengan beberapa permainan (game) kepada penonton yang hadir. Kami bikin acaranya sedikit santai, jadi tidak terlalu formil," kata Kapenrem 033/WP Mayor Inf AR Sipahutar, kepada Metrotvnews.com.

Sipahutar mengatakan, audiens atau penonton yang hadir dalam acara nobar sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Audiens yang didominasi mahasiswa dan pelajar juga banyak mengajukan pertanyaan seputar wawasan kebangsaan. 

"Kami sengaja menghadirkan pelajar dan mahasiswa karena merekalah generasi penerus bangsa ini. Mereka yang akan memegang tongkat estafet untuk melanjutkan kepemimpinan di negara ini," kata Sipahutar. 

Pemutaran film G30S/PKI, sambung dia, banyak menyita perhatian audiens yang hadir. Mereka dengan secara jelas dapat mengetahui peristiwa kelam dan bersejarah yang pernah terjadi di Tanah Air. 

"Mengetahui dan menonton sejarah itu penting agar kita dapat memetik pelajaran dari situ. Setelah menyaksikan film ini, penonton yang hadir berharap agar peristiwa kelam tersebut tidak terjadi lagi. Bangsa ini harus bangkit dan tidak boleh diadu domba," ujarnya. 

Pemutaran film G30S/PKI tersebut disambut antusias pelajar dan mahasiswa. Mereka sengaja hadir untuk menyaksikan dari dekat peristiwa bersejarah yang pernah ada di Indonesia.

"Sebagai mahasiswa, kami merasa perlu mengetahui sejarah Indonesia. Film ini bisa memberi gambaran dan pengetahuan kepada kami akan bahaya paham dan gerakan komunis di Tanah Air di kala itu. Harapan kami kejadian seperti ini tidak terulang lagi," kata Ricky, mahasiswa Stisipol Tanjungpinang.  

Selain di aula Kantor Gubernur, film G30S/PKI juga ramai diputar di lingkungan perumahan warga di Batam. Di antaranya; di Perumahan Taman Raya, Perumahan Bukit Palem Permai (Batam Centre), perumahan di Jodoh, Tiban, Bengkong dan lainnya. 

"Lingkungan perumahan ini akan memutar film G30S/PKI. Kami mengundang ramai-ramai warga yang ingin menyaksikan film ini. Silakan bagi yang ingin ikut menonton bisa hadir di faham RT01 Bukit Palam Permai," kata Yadi, warga RT01.



(RRN)