Lebih 2.000 Warga Jadi Korban Banjir di Belitung Timur

Rendy Ferdiansyah    •    Rabu, 19 Jul 2017 12:49 WIB
bencana banjir
Lebih 2.000 Warga Jadi Korban Banjir di Belitung Timur
Banjir merendam Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur, MI - Rendy Ferdiansyah

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, merupakan wilayah paling parah terkena banjir. Jumlah pengungsi dari kecamatan tersebut sebanyak 1.300 orang.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan 14 posko pengungsi dibangun di delapan kecamatan. Selain Gantung, posko pengungsi dibangun di Kecamatan Manggar, Kelapa Kampit, Damar, Simpang Renggiang, Simpang Pesak, dan Simpang Dendang.

"Total jumlah pengungsi musibah banjir yaitu 2.500 jiwa," kata Gubernur, Rabu 19 Juli 2017.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bakal mendatangi Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, pada Kamis 20 Juli 2017. Menteri Khofifah akan mengunjungi lokasi banjir di kabupaten tersebut.

Rencana itu disampaikan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan saat hendak melakukan pemantauan banjir melalui udara. 

Saat ini, lanjut Gubernur, Pemerintah Provinsi tengah mempercepat penanggulangan setelah banjir. Pemerintah mendistribusikan bantuan ke korban banjir di Belitung Timur.

Gubernur pun menyampaikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bakal meninjau lokasi banjir, besok. Menteri Khofifah akan mendatangi posko pengungsian di Belitung Timur.

"Kemungkinan Bu Menteri akan mengunjungi posko pengungsi begitu juga dengan lokasi banjir,"ungkap dia.

Banjir merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur sejak 14 Juli 2017. Ribuan rumah dan jalan raya terendam. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat luapan air melanda tujuh kecamatan di Belitung Timur. Yaitu Kecamatan Kecamatan Simpang Renggiang, Kepala Kampit, Dendang, Damar, Gantung, dan Manggar. Beberapa desa di Kecamatan Simpang Renggiang seperti Desa Simpang Tiga, Air Ruak, Renggiang, Lintang dan Air Madu terendam banjir antara 25-120 centimeter.

Sementara itu, banjir di Kabupaten Belitung banjir melanda empat kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung Pandan, Membalong, Sijuk dan Badau. Beberapa ruas jalan juga tidak dapat dilalui kendaraan karena terendam banjir.


(RRN)