Tarekat Naqsabandiyah Salat Idulfitri Pagi Tadi

Antara    •    Sabtu, 24 Jun 2017 13:25 WIB
idul fitri
Tarekat Naqsabandiyah Salat Idulfitri Pagi Tadi
Jemaah Naqsabandiyah melaksanakan salat Id di Padang, Ant - Maril Gafur

Metrotvnews.com, Padang: Ratusan warga Tarekat Naqsabandiyah menjalankan salat Idulfitri 1438 Hijriah, Sabtu 24 Juni 2017, di Musala Baitul Makmur Kota Padang, Sumatera Barat. Salat dipimpin imam besar Tarerkat Naqsabandiyah Syafri Malin Mudo.

Jemaah berdatangan mulai pukul 06.30 WIB. Salat kemudian dimulai pukul 08.00 WIB. Syafri Malin Mundo menyampaikan khutbah berbahasa Arab. Inti khutbah yaitu mengajak masyarakat memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Syafri, yang juga pemimpin jamaah Naqsabandiyah Sumatera Barat, mengapresiasi kedatangan jamaah dari luar Padang ke Baitul Makmur. Menurut dia, kedatangan mereka akan semakin memperkuat persatuan dan silaturahmi antar-umat.

Dia juga menyebutkan bahwa selain di Musala Baitul Makmur Pauh, jamaah Naqsabandiyah juga melaksanakan shalat Id di masjid dan musala lainnya di Kuranji, Pauh, Koto Tangah, Solok.

"Tidak ada yang berbeda rata-rata jamaah masih kaum dewasa dan tua saja," kata Novia, anggota jamaah Naqsabandiyah, menambahkan kebanyakan jamaah berasal dari Padang, utamanya Kuranji dan Pauh.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Japeri Jarap meminta kepada masyarakat untuk menghormati komunitas yang merayakan Idul Fitri lebih awal.

"Tentunya ada yang berlebaran Sabtu, dan Minggu, semuanya umat muslim kita perlu menghormatinya," katanya.



(RRN)