Dihantam Badai, KM Jaya Tenggelam di Perairan Belawan

Farida Noris    •    Kamis, 13 Jul 2017 19:25 WIB
kapal tenggelam
Dihantam Badai, KM Jaya Tenggelam di Perairan Belawan
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: KM Jaya Baru 2 yang membawa 15 penumpang tenggelam di Perairan Belawan akibat dihantam badai. Dua orang meninggal dan satu penumpang lainnya belum ditemukan.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Sumut, ‎AKBP Den Martin Nasution, mengatakan, satu orang yang belum ditemukan atas nama Wak Jenggot, 40 warga Panah Hijau Belawan. 

"Sementara dua orang korban yang meninggal yakni Wahyu, 40 warga Pajak Baru Belawan dan Supratman 47, warga Jalan Parang Pajak Baru Belawan," kata AKBP Den Martin Nasution, Kamis 13 Juli 2017.

Dia mengatakan kejadian berawal saat KM Jaya Baru 2 GT 16 itu berlayar untuk menangkap cumi pada Rabu 12 Juli 2017. Kondisi cuaca yang buruk menyebabkan kapal yang di nakhodai Toni Wijaya, 36, dihantam badai, tepatnya di titik koordinat 03.02.00 LU dan 98.48.00 BT dari lampu I Belawan.

"Mereka awalnya ingin menangkap cumi. Padahal belakangan ini hujan turun deras dan angin kencang serta kondisi di laut berbahaya karena gelombang laut tinggi. Jadi saat menangkap cumi, kapal dihantam badai," terangnya.

Para penumpang kapal akhirnya diselamatkan nelayan yang melewati wilayah perairan itu. ABK yang selamat berjumlah 12 orang langsung dievakuasi ke tempat yang aman. 

"Korban yang tewas sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara Medan. Saat ini tinggal satu korban lagi yang dilakukan pencarian. Pencarian juga dibantu tim Basarnas," bebernya.


(ALB)