Banyak Peserta Seleksi CPNS Kemenkumham Gugur karena Tinggi Badan

Alwi Alim    •    Selasa, 12 Sep 2017 13:04 WIB
seleksi cpns
Banyak Peserta Seleksi CPNS Kemenkumham Gugur karena Tinggi Badan
Peserta seleksi CPNS Kemenkumham saat melakukan pengukuran tinggi badan di Stadion Kamboja, Palembang, Sumsel -- MTVN/Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Sebanyak 4.202 orang mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM di Palembang, Sumatera Selatan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 500 orang dinyatakan tidak lulus.

"Rata-rata peserta tidak lulus karena tinggi badan tidak memenuhi persyaratan. Selain itu, karena dokumen juga tidak sesuai," kata Ketua Panitia Seleksi CNPS Kemenkumham Edylauder Lumban Gaol di Stadion Kamboja, Palembang, Selasa 12 September 2017.

Jadi, 3.702 orang yang dinyatakan lulus. Nantinya, hanya 604 orang saja yang diterima untuk ditempatkan di seluruh kabupaten/kota se-Sumsel.

"Kami melakukan seleksi ini selama enam hari, karena membludaknya peserta seleksi," ujarnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadipas) Kanwil Kemhumham Sumsel Zulkifli menambahka, sebagian besar PNS yang diterima akan ditempatkan sebagai penjaga lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Sumsel. Sebab, sudah lima tahun terakhir belum ada penambahan penjaga lapas dan rutan.

"Kami berharap, penambahan pegawai lapas dan rutan bisa meminimalisir tingkat kekerasan dan kasus narapidana (napi) kabur," tutupnya.


(NIN)