Siklon Tropis Tokage tak Pengaruhi Cuaca di Sumut

Farida Noris    •    Senin, 28 Nov 2016 18:25 WIB
cuaca ekstrem
Siklon Tropis Tokage tak Pengaruhi Cuaca di Sumut
Ilustrasi hujan, Ant

Metrotvnews.com, Medan: Siklon tropis Tokage yang terjadi di Laut China Selatan diprediksi tak bakal menjangkau wilayah Sumatera Utara. Sehingga warga tak perlu khawatir dengan efek dari cuaca tersebut.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I, Sunardi, mengakui cuaca buruk melanda Sumut. Suhu udara berada pada rentang 23 hingga 33 derajat Celcius. 

"Hujan juga diprediksi di sejumlah wilayah dengan intensitas ringan hingga sedang. Kecepatan angin 15 sampai dengan 20 knot per jam," kata Sunardi di Medan, Senin (28/11/2016).

Sementara gelombang di perairan Nias dan Sibolga mencapai tiga meter. Petir juga terjadi di beberapa lokasi.

Tapi, kata Sunardi, itu bukan akibat Tokage. Itu justru karena Sumut masih musim hujan.

Sebelumnya, Deputi BMKG Yunus S Swarinoto mengatakan Siklon Tropis Tokage di Laut China Selatan sebelah barat Filipina akan mempengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan mendatang.

Beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat berdurasi cukup lama disertai kilat serta petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan.

Siklon tropis Tokage juga berdampak meningkatnya ketinggian gelombang laut antara 1,25 meter sampai 2,5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah Utara Natuna. 

Peningkatan kondisi cuaca tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.


(RRN)