Polda Sumut Kerahkan 2.320 Personel Pengamanan Iduladha

Farida Noris    •    Selasa, 29 Aug 2017 20:22 WIB
iduladha 2017
Polda Sumut Kerahkan 2.320 Personel Pengamanan Iduladha
Ilsutrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Polda Sumut mengerahkan 2.320 personel polisi untuk pengamanan pelaksanaan Iduladha 10 Djulhijjah 1438. Pengamanan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 31 Agustus-3 September 2017.

"Pelibatan kekuatan personel dalam pengamanan hari raya Iduladha di wilayah Sumatera Utara berjumlah 2.320 personel dengan rincian satuan tugas Polda ada 180 personel dan satuan tugas wilayah 2.140 personel," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, Selasa 29 Agustus 2017.

Rina menyebutkan pelaksanaan Iduladha yang jatuh pada Jumat tanggal 1 September 2017 ini dimungkinkan dimanfaatkan oleh individu atau kelompok- kelompok tertentu untuk melakukan hal-hal yang menimbulkan kekacauan.

"Moment ini bisa dijadikan kelompok tertentu untuk menyebarkan isu negatif menyangkut SARA melalui SMS bahwa telah terjadi benturan antara umat muslim yang akan melaksanakan salat Iduladha dengan umat Nasrani yang akan melaksanakan ibadah ke Gereja," jelasnya.

Polisi juga mengantisipasi aksi teror oleh kelompok tertentu dengan modus menempatkan benda berupa bungkusan/ kotak yang didesain sedemikian rupa menyerupai paket bom di lokasi yang digunakan untuk salat Iduladha, lokasi pemotongan dan pembagian daging kurban, dan di lokasi pekarangan gereja maupun di dalam gereja.

"Pengamanan ini juga untuk mewaspadai aksi peledakan bom bunuh diri oleh kelompok tertentu di lokasi masjid dan di tempat lain pada saat takbiran dan salat Iduladha, serta di lokasi gereja dan tempat lain pada saat kegiatan ibadah umat Nasrani," terangnya.

Pelaksanaan pengamanan ini, kata Rina, dilakukan Satuan Tugas Kewilayahan (Satgaswil) bekerjasama dengan instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung kegiatan fungsi operasional kepolisian lainnya.

"Pengamanan ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah Iduladha dan Kurban di Sumatera Utara dengan mengedepankan kegiatan preventif dan penegakan hukum, didukung dengan kegiatan deteksi dini," urainya.



(ALB)