Belitung Timur Butuh Lima Jembatan Bailey

Rendy Ferdiansyah    •    Kamis, 20 Jul 2017 09:50 WIB
banjir bandang
Belitung Timur Butuh Lima Jembatan Bailey
Kondisi jalan yang tergenangi air akibat banjir yang melanda Belitung Timur, Bangka Beltiung, Minggu 16 Juli 2017 -- MI/Rendy Ferdiansyah

Metrotvnews.com, Belitung Timur: Banjir yang melanda empat kecamatan di Belitung Timur sejak Minggu 16 Juli 2017 menyebabkan sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan rusak. Guna mempercepat akses transportasi, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung meminta bantuan lima jembatan bailey.

"Surat permohonan bantuan untuk Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sudah ditandatangani gubernur dan akan disampaikan kepada staf ahli Menteri PU yang akan berkunjung ke Belitung Timur," kata Kepala Dinas PU Bangka Belitung Hasanudin, Kamis 20 Juli 2017.

(Baca: Banjir Belitung dan Belitung Timur Putus Sejumlah Akses Jalan)

Menurut Hasanudin, tiga jembatan bailey akan dipasang untuk menggantikan Jembatan Lilangan di Kecamatan Gantung yang putus. Sedangkan, dua jembatan bailey lainnya untuk menyambung jalan yang putus di daerah Mempayak dan Selingsing.

"Nanti semuanya akan kita pasangi jembatan bailey ukuran 50 meter dua unit dan ukuran 15 meter tiga unit," jelas Hasanudin.

Hasanudin berharap, lima jembatan bailey dapat segera dipasang. Sehingga, akses transportasi untuk memenuhi bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan lainnya ke daerah terdampak banjir dapat segera terpenuhi.

Selain jembatan bailey, Gubernur Babel Erzaldi juga meminta bantuan lima mobil tangki air dan satu mobil pengolah air. "Mobil tangki air ini rencananya kita gunakan untuk suply air bersih ke lokasi-lokasi banjir," tutup Hasanuddin.

(Baca: Warga Belitung Timur Kesulitan Mendapatkan BBM)


(NIN)