Musim Kemarau, Suhu di Medan Capai 34 Derajat Celcius

Farida Noris    •    Selasa, 13 Jun 2017 15:08 WIB
musim kemarau
Musim Kemarau, Suhu di Medan Capai 34 Derajat Celcius
Ilustrasi--Seorang warga berlari menghindari kepulan asap di Pekanbaru, Riau, Rabu (11/1/2017)--Antara/Rony Muharrman.

Metrotvnews.com, Medan: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprakirakan musim kemarau akan melanda Kota Medan dan sekitarnya hingga beberapa hari ke depan. Suhu di Kota Medan mencapai 34 derajat celcius dengan kecepatan angin mencapai 20 knot per jam.

"Kalau hari ini, suhu udara di Kota Medan mencapai 34 derajat celcius. Panas terik akan melanda wilayah Medan. Karena ini juga peralihan dari musim hujan ke musim kemarau," kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Senin 13 Juni 2017. 

Syahnan menjelaskan pada musim kemarau ini, suhu udara bahkan bisa mencapai hingga 35,6 derajat celcius yang dapat dikategorikan sebagai cuaca ekstrem. Namun demikian, tak semua kemarau merata di wilayah Sumut.

"Misalnya hari ini musim kemarau, bisa saja di daerah lain di Sumut masih ada turun hujan. Jadi tidak merata. Meski kemarau, hujan masih turun di Medan namun intensitasnya kecil. Tapi kalau hari ini berdasarkan pantauan, hujan tidak turun di Medan," ucapnya.

Tak hanya itu, BMKG juga mencatat ada 12 hotspot atau titik panas di Sumatera Utara dengan tingkat kepercayaan sekitar 70 persen. Karena itu BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi terjadinya kebakaran pada musim kemarau ini.

"Imbauan kita agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah dan gunakan masker jika bepergian. Selain itu, tentunya potensi kebakaran juga tinggi, jadi ini harus diwaspadai. Mengenai angin kencang, belum ada peringatan dini," bebernya.


(ALB)