93 Rumah di Medan Rusak Diterjang Puting Beliung

Farida Noris    •    Rabu, 14 Sep 2016 17:13 WIB
puting beliung
93 Rumah di Medan Rusak Diterjang Puting Beliung
Pohon tumbang akibat terjarangan puting beliung menimpa rumah di Kota Medan, Sumut. Foto: BPBD Kota Medan

Metrotvnews.com, Medan: Hujan deras disertai angin puting beliung melanda sejumlah kawasan di Kota Medan, Sumatera Utara, dua hari terakhir. Akibatnya, 93 rumah rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Hannalore Simanjuntak, mengatakan rumah yang rusak diterjang puting beliung tersebar di tiga kecamatan, yakni 26 unit di Medan Marelan, 58 unit di Medan Belawan, dan 9 unit di Medan Area.

"Itu masih data sementara dari dampak puting beliung pada 12-13 September," kata Hannalore, Rabu (14/9/2016).

BPBD Kota Medan, kata Hannalore, telah memberi bantuan kepada korban puting beliung di Kelurahan Bahari dan Kelurahan Bahagia, Medan Belawan. BPBD Kota Medan menyerahkan 116 keping seng kepada otoritas kecamatan yang akan meneruskannya ke warga terdampak. 

"Ini tidak mungkin bisa mengembalikan atau mengganti kerugian yang ada, tapi mudah-mudahan dapat mengurangi beban warga yang terkena musibah," ujar Hannalore.



Salah seorang warga, Marino, mengatakan angin puting beliung terjadi sekitar pukul 19.30 WIB, 13 September. Waktu itu hujan lebat, angin kencang, dan petir menggelegar. Bahkan, atap rumahnya langsung terangkat angin.

"Anginnya berputar-putar. Waktu itu saya berada di ruang tamu. Saya dengan anak langsung menyelamatkan diri. Barang-barang yang ada di rumah juga kami angkat supaya tidak terbawa angin," kata Marino.

Saat ini, warga tengah memperbaiki rumah mereka yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Untuk sementara warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman hingga rumah mereka selesai diperbaiki.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sunardi, menyatakan saat ini baru awal dari musim hujan. Puncaknya diperkirakan terjadi pada Oktober dan akan menurun pada November.

 


(UWA)