Lagi, Dua Penumpang Ditangkap Bawa 1 Kg Sabu

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 05 Dec 2017 17:37 WIB
narkoba
Lagi, Dua Penumpang Ditangkap Bawa 1 Kg Sabu
Petugas Bea Cukai Batam menyita 406 gram sabu dari tersangka M Isa di Bandara Hang Nadim Batam, 4 Desember 2017.

Batam: Dua orang calon penumpang tujuan Surabaya, M Isa dan Azhar ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Keduanya diamankan karena membawa 1.016 gram methametamine atau sabu yang disembunyikan di dalam sepatu. 

Kepala Bidang Bimbingan, Kepatuhan, dan Layanan Informasi R Evy Suhartantyo mengatakan, kasus tersebut terungkap saat calon penumpang, M Isa ditangkap lebih dulu oleh petugas Bea Cukai Bandara Hang Nadim. Dia ditangkap saat melewati pintu pemeriksaan x-ray Bandara Hang Nadim, Senin, 4 Desember 2017.

"Saat dilakukan analisis profiling, gerak-geriknya mencurigakan. Saat dilakukan pemeriksaan, petugas mencurigai ada sesuatu yang disimpan di sepatu calon penumpang tersebut," ungkap R Evy kepada Medcom.id, Selasa, 5 Desember 2017. 

Evy menambahkan, petugas yang melakukan pemeriksaan secara mendalam menemukan empat bungkus kristal bening di dalam sepatu pelaku. Berat seluruh barang yang ditemukan di sepatu M Isa yakni 406 gram. 

"Keempat bungkus kristal bening diselipkan di dalam sepatu yang dikenakan pelaku. Kami periksa secara mendalam di ruang Hanggar Bea Cukai, kristal bening itu positif methametamine atau sabu," ungkap Evy.

Baca: Jelang Akhir Tahun, Bea Cukai Batam Perketat Penjagaan

Dari penangkapan itu, petugas Bea Cukai Bandara Hang Nadim mengembangkan kasus tersebut. Tidak lama berselang, petugas mengamankan rekan pelaku bernama Azhar. 



Pria asal Pidie, Aceh, tersebut ditangkap sesaat setelah melintasi pintu pemeriksaan x-ray. "Azhar berhasil ditangkap tidak lama setelah penangkapan pertama. Begitu melewati pintu x-ray dan kami periksa, juga ditemukan benda mencurigakan di sepatunya," tambah Evy. 

Azhar diamankan ke ruang Hanggar Bea Cukai untuk diperiksa secara mendalam di Hanggar Bea Cukai. "Hasil pemeriksaan, ditemukan enam bungkus methametamine di dalam sepatu yang dikenakan oleh pelaku. Beratnya yakni 610 gram," jelasnya. 

Evy mengatakan, kedua calon penumpang akan berangkat ke Surabaya menggunakan pesawat Citilink QG 922 sekira pukul 14.40 WIB. Keduanya diduga kurir narkoba sindikat internasional. "Kedua pelaku akan mengantarkan barang tersebut ke Surabaya," paparnya. 

Ini merupakan penangkapan kelima dalam kurun dua pekan terakhir. Sebelumnya petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Hang Nadim bersama Bea Cukai Batam menangkap empat calon penumpang lainnya di bandara. 

Dari penangkapan tersebut, petugas menyita sekira 3 kilogram (kg) lebih sabu-sabu. Barang haram itu diduga berasal dari jaringan narkotika asal Malaysia. 

Frans Samuel, Humas Bea Cukai Batam menambahkan, setelah diperiksa di Kantor Bea Cukai Batam, kedua tersangka yakni M Isa dan Azhar diserahkan ke BNNP Kepri untuk diperiksa lebih lanjut.



(ALB)